Selasa, 07 Mei 2019

Contoh Teks Pidato Hari Lahir Korps Pelajar Islam Indonesia (PII) Wati | Naskah Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Teks Naskah Pidato. Berpidato merupakan salah satu wujud kegiatan berbahasa lisan. Oleh sebab itu, berpidato memerlukan dan mementingkan ekspresi gagasan dan penalaran dengan menggunakan bahasa lisan yang didukung oleh aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, kontak pandang, dan intonasi suara.


PENGERTIAN PIDATO,KHOTBAH, DAN SAMBUTAN. Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. 


Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Para hadirin sekalian, pertama tama saya ucapkan rasa puji dan syukur atas kehadiran ALLAH SWT, sebagai mana karena ridho dan syafaatnya lah di pagi yang cerah ini kita dapat bersama sama berkumpul disini. Tak lupa pula ucapan sholawat ter iring salam untuk junjugan nabi besar Muhammad SAW yang mana berkat rahmat dan hidayahnya pula kita dapat menjadi pribadi yang beriman dan bertaqwa. Dan sehingga dapat merayakan hari penting yakni hari bakti korps pelajar islam Indonesia.

Para hadirin yang saya muliakan mungkin diantara kalian semua akan terdengar asing jika membicarakan mengenai perayaan yang satu ini, 31 Juli: Hari Lahir Korps Pelajar Islam Indonesia (PII) Wati. Tapi ini tidak untuk orang orang yang sudah tahu mengenai sejarah masa lalu di zaman kolonial.
Para hadirin sekalian yang saya muliakan pelajar islam Indonesia ini ternyata pada kenyataannya telah ada sejak zaman pemerintahan kolonial belanda. PII ini merupakan suatu oraganisasi ekternal sekolah hingga dengan mahasiswi. Para hadirin sekalian yang saya muliakan, organisasi ini berbeda dengan organisasi yang lainnya karena organisasi ini memiliki asas tersendiri yakni asas islam dan berdiri secara independent dan bergerak dalam bidang pendidikan dan non partai.
Di sisi lain para hadirin sekalian, jika kita memperbincangkan mengenai organisasi PII ini maka kita harus mengambil nilai yang ada di dalam tujuan dirikannya organisasi penting ini yakni di jadikan sebagai dasar usahadalam mengkaderisasi muslim cendikia, dan juga di jadika sebagai pemimpin yang bergerak dalam bidang pendidikan dan kebudayaan yang sesuai dengan ajaran dan tutunan islam .

Jadi para hadirin sekalian sangatlah penting sekali bagi kita semua bisa mencontoh nilai nilai yang terkandung dalam organanisasi yang satu ini, karena jika di pandang dari sudut organisasinya ini sudah sangat bagus yakni mencari dan mencetak kader cendikia muslim baru, dan di sisi lain adalah bagaimana ajaran agama di libatkan di dalamnya. Dengan demikian ini bisa di jadikan pedoman hiudp bagi mereka kelak nantinya baik di kalangan sekolah maupun di lingkungan masyarakat umum. 

Apalagi jika saat ini kita bandingkan dengan realita yang terjadi saat ini ada begitu banyak sekali kasus kasus yang dialami oleh kalangan pelajar seperti kekerasan, pelecehan dan segala macamnya. Hal ini dapat terjadi dikarenakannya kurang pendidikan agama yang tepat seperti mereka lebih memilih untuk membuat organisasi sendiri, atau lebih di kenal sebagai gank. Dimana gank ini tentunya akan menjadi sebuah wadah yang tidak baik untuk pribadi dan tingkah laku mereka. Biasanya gank cenderung mengajarkan ke arah yang lebih radikal dan juga di ajarkan untuk menjadi pribadi yang cenderung agresif agar di akui keberadaanya dan jati diri mereka. 

Maka untuk itulah, dengan adanya hari ini akan menyadarkan kita semua, di waktu kita semua menjadi seorang pelajar penting sekali untuk mencari wadah yang benar, karena lewat wadah yang benar nantinya kelak akan menuntun kita menjadi pribadi yang lebih baik lagi dan bermartabat. dan di samping itu pula dengan adanya hal ini akan memberikan pelajaran yang lebih mendalam untuk agama islam khususnya jika kelak nantinya Anda menjadi salah satu anggota dari PII ini.
Oleh karena sekian penjelasan dari saya sampaikan dalam pidato ini, lebih kurangnya saya minta maf dan kepada Tuhan saya mohon ampun.
Wasalamualaikum wr wb
Terima kasih atas kunjungannya dan semoga artikel diatas mengenai isi pidato 31 Juli: Hari Lahir Korps Pelajar Islam Indonesia (PII) Wati Dapat bermanfaat untuk Anda sekalian di rumah