Rabu, 08 Mei 2019

Contoh Teks Pidato Hari Bank Indonesia | Naskah Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Teks Naskah Pidato. Berpidato merupakan salah satu wujud kegiatan berbahasa lisan. Oleh sebab itu, berpidato memerlukan dan mementingkan ekspresi gagasan dan penalaran dengan menggunakan bahasa lisan yang didukung oleh aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, kontak pandang, dan intonasi suara.


PENGERTIAN PIDATO,KHOTBAH, DAN SAMBUTAN. Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. 


Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Para hadirin yang terhormat, pertama-tama marilah kita semua secara serempak dan bersama sama memanjatkan kehadiran Allah SWT, yang mana berkat dan rahmat-Nya kita dapat berkumpul bersama sama dalam keadaan sehat walafiat., dan lupa pula, sholawat teriring salam marilah kita semua sanjungkan kepada nabi Muhammad SAW yang kita nantikan safaatnya di yaumil kiamah nanti. Amin

Para hadirin sekalian, Bank dan kehidupan kita memang sudah sangat akrab sekali bukan? dalam kehidupan yang kita jalani ini bank di sudah lama di kenal sebagai lembaga keuangan yang kegiatannya menyimpan baik simpanan giro, deposito, dan juga tabungan. di sisi lain itu peran bank bagi pemerintah pun sama yakni berperan dalam menstabilkan perekonomian nasional.
Para hadirin sekalian yang saya hormati, peran bank memang telah di tetapkan dengan adanya No. 10 Tahun 1998 tentang perbankan, yang menyatakan bahwa bank adalah badan usaha yang menghimpun dana dari masyrakat dalam bentuk simapanan dan menyalurkannya kepada masyarakat dalam bentuk kredit dan atau bentuk bentuk yang lainnya dalam rangka meningkatkan taraf hidup.
Para hadirin sekalian, saat ini juga masyakarat Indonesia pun telah mulai sadar akan pentingnya peran dari Bank itu sendiri. sehingga sangatlah wajar sekali banyak sekali saat ini orang yang ingin ikut bergabung menjadi nasabah di berbagai layanan bank yang tersebar hingga tingkat pedesaan sekalipun.

Dengan adanya fenomena yang telah saya sebutkan sebelunya, ini pun menciptakan iklim usaha baru di mana saat ini telah banyak sekali munculnya berbagai perbankan yang ada di Indonesia.. baik yang datang dari BUMN mupun datang dari pihak swasta sekalipun. Sehingga dengan begitu Anda akan dengan mudah menentukan yang mana dan jenis perbankan apa yang Anda ingin pilih sebagai salah satu media penyimpan uang Anda tersebut. tidak cukup sampai disitu saja saat ini telah banyak juga bank yang akan memberikan layanan plus plus bagi tiap nasabahnya yang mau menyimpan sejumlah dana atau uang nya.

Akan tetapi ingat para hadirin sekalian, dengan begitu banyaknya bank bank swasta yang bermunculan kepermukaan dengan berbagai janji dan layanan yang sangat menggiurkan maka di harapkan Anda tidak langsung tergiur dengan rayuannya. Penting bagi Anda untuk menyelidiki terlebih dahulu mengenai repuatasi bank yang akan gunakan layanannya.
Jikalau itu tidak Anda lakukan mak yang akan terjadi adalah seperti yang pernah d alami oleh para nasabah yang berasal dari Century Bank yang mana mengalami failed. Sehingga pihak dari Anda lah yang merasa di rugikan.

Nah, mulai dari detik ini selidiki mengenai kesehatan bank yang Anda pilih, dan selanjutnya hal penting dan paling mendasar mengenai garansi sebagai nasabah bank yakni LPS haruslah ada di bank yang Anda pilih karena ini akan menjamin kenyaman dan keamanan dana yang di simpan ole Anda. Dan sisi lain untuk para hadirin yang belum menabung di harapkan mulai detik ini pun harus mau menabung, karena dengan menabung maka kita akan memiliki masa depan yang cerah.
Semoga di perayaan ini dan lewat pidato ini hari peryaan atas 5 Juli: Hari Bank Indonesia , And dapat memetik pelajaran dan hikmat serta makna menabung.
Dan lebih kurangnya saya mnta maf dan kepada tuhan saya mohon ampun, terima kasih atas partisipasinya .wasalamualaikum wr wb
Terima kasih atas kunjungannya semoga bermanfaat untuk kita semua contoh teks pidato yang ada di atas.