Sabtu, 27 April 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Global Warming | Naskah Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Teks Naskah Pidato. Berpidato merupakan salah satu wujud kegiatan berbahasa lisan. Oleh sebab itu, berpidato memerlukan dan mementingkan ekspresi gagasan dan penalaran dengan menggunakan bahasa lisan yang didukung oleh aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, kontak pandang, dan intonasi suara.


PENGERTIAN PIDATO,KHOTBAH, DAN SAMBUTAN. Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. 


Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelum pidato saya pada kesempatan ini saya mulai, marilah terlebih dahulu kita bersama-sama untuk memanjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan kita limpahan rahmat yang tak terhingga sehingga kita masih dapat berkumpul dalam pagi yang cerah ini. selanjutnya tak lupa juga mrilah kita bersama-sama untuk menyampaikan salam dan shalwat kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW.

Hadirin majelis ilmu yang dimuliakan oleh Allah.
Melihat bumi kita seekarang ini tentunya kita merasa sangat miris. Terlebih lagi negara kita yang dilimpahi oleh materai alam yang demikian melimpah, namun malah berbagai bencana seringkali melanda negara kita. Dan yang lebih parah lagi, munculnya bencana tersebut adalah karena perilaku yang dilakukan oleh manusia itu sendiri. tentunya melihat ini kita sebagai bagian dari bangsa itu sendiri harus segera menyadari untuk segera menciantai dan memperdulikan keadaan bumi kita yang semaki parah dan tak menentu ini. dan seperti yang telah banyak kita ketahui bahwa alam di bumi ini tengah dilanda sebuah fenomena alam yang disebut sebagai global warming atau pemanasan global. Dan akibat global warming itulah keadaan alam kita semakin memicu masalah lingkungan lainnya.
Hadirin majelis ilmu yang dimuliakan oleh Allah.

Pada dasarnya global warming bukanlah suatu hal yang baru, bahkan bisa dibilang global warming merupakan menu sehari – hari yang seringkali memang telah disadari oleh masyarakat seluruh dunia. Namun pada kenyataanya, hanya beberapa masyarakat saja yang benar-benar peduli terhadap global warming ini. Dan sebagian lainnya memilih cuek dan tetap saja melakukan hal-hal yang memicu semakin parahnya global warming itu sendiri seperti membuang sampah tidak pada tempatnya, melakukan penebangan liar dan lain sebagainya. Padahal sebenarnya dampak global warming telah kita rasakan betul-betul. Terbukti dengan jelas salah satu dampak yang sangat kita rasakan adalah iklim sekarang ini yang terasa sangat panas.

Hadirin majelis ilmu yang dimuliakan oleh Allah.
Tentunya melihat berbagai dampak dari munculnya global warming ini, mulai sekarang kita harus benar-benar mencari cara bagaimana agar global warming dapat segera diatasi,. Karena pada dasarnya global warming memang dapat dicegah. Kita dapat melakukan beberapa aksi peduli lingkungan dengan cara menghemat energi, membuang sampah pada tempatnya, melakukan penghijauan kembali, mengurangi semakin bertambahnya gas pada rumah, mengurangi polusi udara dan lain sebagainya. Dan tentunya hal tersebut dapat terwujud jika masing-masing dari kita menyadarinya dan segara melaksanakan tindakan nyata.

Hadirin majelis ilmu yang dimuliakan oleh Allah.
Kiranya cukup sekian saja pidato singkat saya pada pagi hari ini. atas seluruh perhatian hadirin sekalian saya mengucapkan banyak terima kasih dan apabila ada kesalahan saya memohon maaf yang sebesar-besarnya.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.