Selasa, 02 April 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Geng Motor | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berbagai kenikmatan yang tak akan pernah dapat kita hitung bahkan hingga kita meregang nyawa sekalipun. Shalawar sertsa salam tentunya juga marilah senantiasa kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan banyak petunjuk sehingga manusia yang hidup setelahnya dapat memperoleh berbagai petunjuk tentang bagaimana cara hidup di jalan yang lurus dan selamat.
Hadirin sekalian yang dirahmati dan dimuliakan oleh ALLah SWT.
Jika kita perhatikan dengan seksama, baik melihatnya secara langsung atau hanya bisa melihatnya melalui media televisi, radio atau media-media lainnya yang saat ini dengan mudah dapat diakses kita tahu betul bahwa akhir-akhir ini sedang marak aksi anarkisme yang dilakukan oleh anggota geng motor. Yang semakin membuat miris lagi ternata anggota yang melakukan tindakan anarkis tersebut masih duduk di bangku sekolah seperti SMP dan SMA. Tentu ini bisa menjadi salah satu bentuk gambaran bagaimana keadaan generasi muda sekarang ini.

Hadirin sekalian yang dirahmati dan dimuliakan oleh ALLah SWT.
Geng motor sebenarnya bukanlah suatu organisasi pemuda-pemuda anarkis seperti yang banyak diberitakan, karena pada dasarnya sebenarnya geng motor merupakan salah satu bentuk komunitas bagi mereka pecinta kendaraan bermotor yang memiliki solidaritas yang sangat tinggi terhadap komunitasnya dan juga terhadap para anggota. Biasanya dalam geng motor yang benar-benar terorganisir dengan susunan kepengurusan yang jelas pula, maka geng motor ini justru akan menjadi salah satu bentuk komunitas yang akan membawa banyak manfaat untuk mereka sendiri pada khususnya karena dapat dijadikan sebagai tempat untuk memperdalam kecintaan mereka terhadap motor serta akan memberikan manfaat untuk masyarakat pada umumnya karena seringkali melakukan banyak aksi-aksi sosial. Namun nampaknya, di jaman modern yang ada sekarang ini geng motor sangat mudah sekali di susupi oleh oknum-oknum yang tidak bertanggung jawab yang seringkali melakukan tindak kriminal. Sehingga akhirnya, karena oknum-oknum inilah maka mereka sebenarnya hanya merusak citra dari geng motor yang sebenarnya baik menjadi buruk. Sehingga akhirnya, citra yang melekat dimasyarakat adalah bahwa geng motor merupakan suatu perkumpulan yang tidak jelas yang hanya meresahkan warga saja.

Tentunya ini bukan disalahkan oleh geng itu sendiri namun yang pasti tentunya yang patut disalahkan adalah manusianya. Karena memang masih juga ditemui geng motor yang tidak anarkis dan tahu batasan. Menanggapi geng motor yang hanya ugal-ugalan di jalan dan juga merusak fasilitas-fasilitas warga tanpa pandang bulu tentunya harus diperlakukan secara serius. Bila melanggar tetap harus diberi sangsi terlebih bagi yang masih sekolah karena ini merupakan salah satu bentuk pelajaran hidup yang harus diterima. Dan langkah ini akan menjadi efektif jika semua pihak terlibat.
Hadirin sekalian yang dirahmati dan dimuliakan oleh ALLah SWT.
Sekian saja yang dapat saya sampaikan.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.