Sabtu, 27 April 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Dunia Kerja | Naskah Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Teks Naskah Pidato. Berpidato merupakan salah satu wujud kegiatan berbahasa lisan. Oleh sebab itu, berpidato memerlukan dan mementingkan ekspresi gagasan dan penalaran dengan menggunakan bahasa lisan yang didukung oleh aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, kontak pandang, dan intonasi suara.


PENGERTIAN PIDATO,KHOTBAH, DAN SAMBUTAN. Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. 


Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Di awal pidato saya pada kesempatan kali ini, marilah kita semuanya untuk sejenak mengucapkan syukur Alhamdulilah ke hadirat Allah SWT yang telah berkenan memberikan kita nikmat yang tak pernah ada habis-habisnya. Tak lupa juga, marilah kita senantiasa melantunkan shalawat serta salam kepada nabi mulia nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk kepada kita menuju jalan yang lurus.

Seluruh hadirin majelis taklim yang senantiasa dalam lindungan Allah SWT.
Bagi anda yang telah terjun ke dunia kerja pasti tahu betul bahwa pada jaman sekarang ini dunia kerja seperti sebuah hutan belantara yang sangat besar yang didalamnya terdapat banyak sekali warga hutan yang saling berebut makanan. Demikian juga dengan dunia kerja. Banyak sekali persaingan-persaingan dengan orang-orang yang sama-sama berjuang dalam dunia kerja, bahkan tak jarang ada juga yang kemudian menggunakan cara yang tidak benar supaya dapat memenangkan dunia kerja tersebut. sehingga agar kita semua dapat terhindar dari cara-cara yang tidak benar tersebut kita harus memiliki iman, mental dan keterampilan yang kuat. Ketika telah masuk ke dalam dunia kerja tentu saja hanya sekedar gelar dari sebuah peruguruan ternama tak lagi mutlak diperlukan, karena beberapa keterampilan, loyalitas, kepribadian dan keterampilan bersosialisasi juga akan sangat berpengaruh dalam memenangkan persaingan dalam dunia keraj.

Seluruh hadirin majelis taklim yang senantiasa dalam lindungan Allah SWT.
Kita sebagai umat Islam juga dianjurkan untuk dapat memiliki harta yang banyak dan kemudian dengan harta tersebut kita mampu melaksanakan kewajiban dan ibadah sunnah lainnya. namun bukan berarti kita harus menghalalkan segala cara demi dapat memperoleh harta yang memang untuk memperolehnya harus diserta dengan banyak halangan, masalah dan persaingan yang seringkali muncul dalam dunia kerja. Kita sebagai umat muslim harus memiliki tameng, bahwa sesulit apapun dunia kerja untuk mengais rejeki, namun biar bagaimana pun harta yang kita peroleh dari hasil bekerja tersebut harus benar-benar halal dan baik. 

Dalam sebuah hadist yang diriwayatkan ole Abu Hurairah tertulis :
Dari Abu Hurairoh rodhiallohu ‘anhu, ia berkata: “Rosululloh sholallahu ‘alaihi wa sallam pernah bersabda: “Sesungguhnya Alloh itu baik, tidak mau menerima sesuatu kecuali yang baik. Dan sesungguhnya Alloh telah memerintahkan kepada orang-orang mukmin (seperti) apa yang telah diperintahkan kepada para rosul, Kemudian beliau menceritakan kisah seorang laki-laki yang melakukan perjalanan jauh, rambutnya kusut dan berdebu. Dia menengadahkan kedua tangannya ke langit seraya berdoa: ”Wahai Robbku, wahai Robbku”, sedangkan makanannya haram, minumannya haram, pakaiannya haram, dan (perutnya) dikenyangkan dengan makanan haram, maka bagaimana mungkin orang seperti ini dikabulkan do’anya.” (HR. Muslim)
Dalam hadist tersebut telah tertulis dengan jelas, bahwa meskipun dunia kerja begitu sengit dan penuh dengan kecurangan, namun kita sebagai umat Muskim tetap harus berpegang teguh kepada nilai-nilai Islam.
Demikian yang dapat saya sampaikan.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.