Sabtu, 20 April 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Anak Sholeh | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Teks Naskah Pidato. Berpidato merupakan salah satu wujud kegiatan berbahasa lisan. Oleh sebab itu, berpidato memerlukan dan mementingkan ekspresi gagasan dan penalaran dengan menggunakan bahasa lisan yang didukung oleh aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, kontak pandang, dan intonasi suara.


PENGERTIAN PIDATO,KHOTBAH, DAN SAMBUTAN. Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. 


Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelum pidato pada kesempatan pagi hari ini kita mulai, tentunya kurang pantas rasanya jika kita tak berucap puji syukur kehadirat Allah SWT. Karena hanya berkat rahmat dan nikmatNya yang begitu berlimpah kita semua masih diberikan umur yang panjang dan juga kesehatan yang banyak. salam serta shalawat tak lupa juga marilah kita haturkan kepada junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah membawa kita menuju jalan keselamatan.
Jamaah pengajian yang dimuliakan oleh Allah.
Dalam agama Islam memiliki anak yang sholeh memang merupakan salah satu keutamaan yang harus kita lakukan hal ini seperti apa yang tertulis dalam sebuah hadist: dari Abu Hurairah bahwa Nabi bersabda : “Sungguh seseorang masnusia akan ditinggikan derajatnya di surga (kelak), maka dia bertanya: Bagaimana (aki bisa mencapai) semua ini ? Maka dikatakan padanya: ( ini semua) diseabkan istighfar (permohonan ampun kepada Allah yang selalu diucapkan oleh ) anakmu untukmu”

Terlihat dengan jelas bagaimanan keutamaan untuk memiliki seorang anak yang sholeh. Memiliki anak yang sholeh merupakan salah satu usaha yang paling baik yang dilakukan oleh seorang muslim dalam perjalan hidupnya. Hal ini karena segala perbuatan baik yang akan dilakukan oleh anak sholeh tersebut pahalanya akan sampai kepada orang tuanya. Hal ini seperti makna dalam sabda Rosulullah “ jika seorang mausia mati maka terputuslah pahala amalnya kecuali dari 3 perkara yaitu sedekah yang terus mengalir pahalanya katena diwakafkan, ilmu yang terus diambil manfaatnya diamalkan sepeninggalnya dan anak sholeh yang selalu mendoakannya.

Jamaah pengajian yang dimuliakan oleh Allah.
Dan memang segala pahala yang diperoleh oleh anak yang sholeh juga akan diperuntukkan kepada orang tuanya tanpa mengurangi sedikitpun dari apa yang diperoleh anak tersebut. hal ini karena anak yang sholeh merupakan salah satu bagian dari usaha orang tuanya selama hidup dan dianggap pahala yang diperoleh anak yang sholeh merupakan bagian dari usaha orang tua itu sendiri. tak hanya itu saja, dengan memiliki anak yang sholeh, maka ketika seorang anak nantinya akan mendapatkan kedudukan yang lebih tinggi daripada ayahnya di surga nanti, maka dia akan meminta kepada Allah agar kedudukan ayahnya ditinggikan seperti kedudukannya, sehingga Allah pun meninggikan kedudukan ayahnya.

Jamaah pengajian yang dimuliakan oleh Allah.
Melihat betapa pentingnya menjadi seorang anak yang sholeh, maka disini saya mengakan kepada para orang tua dan calon orang tua untuk terus mendidik anak-anaknya menjadi sosok anak yang sholeh, dan kepada anak-anak sekalian, teruslah berusahalah untuk menjadi anak yang sholeh yang dapat membuat orang tua bangga dan bahkan mampu mengangkat orang tua kalian menjadi penghuni syurga.
Kiranya cukup sekian saja pidato singkat yang dapat saya sampaikan.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.