Sabtu, 13 April 2019

Contoh Teks Pidato Jihad | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Teks Naskah Pidato. Berpidato merupakan salah satu wujud kegiatan berbahasa lisan. Oleh sebab itu, berpidato memerlukan dan mementingkan ekspresi gagasan dan penalaran dengan menggunakan bahasa lisan yang didukung oleh aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, kontak pandang, dan intonasi suara.


PENGERTIAN PIDATO,KHOTBAH, DAN SAMBUTAN. Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. 


Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama-tama marilah kita sekalian untuk memanjatkan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan limpahan nikmat serta rahmatNya sehingga kita semua yang hadir disini masih diberikan keteguhan iman dan Islam. Tak lupa juga shalawat serta salam akan selalu kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk kepada jiwa kita sehingga kita mampu berjalan di jalan kebenaran yaitu jalan islam.
Kaum muslimin wal muslimat rahimakumullah.

Dalam sebuah firma Allah QS Al Maidah ayat 35 menyebutkan:
"Hai orang-orang yang beriman, bertakwalah kepada Allah dan carilah jalan yang mendekatkan diri kepada-Nya, dan berjihadlah pada jalan-Nya, supaya kamu mendapat keberuntungan"
Melihat ayat tersebut maka ada satu kata yang seringkali kita dengar di dalam masyarakat kita sekarang ini yaitu jihad. Berdasarkan sebuah survei, banyak orang yang memiliki penafsiran yang sedikit keliru tentang makna jihad yang sesungguhnya. Sebagian besar masyarakat akan menganggap bahwa yang namanya jihad berarti perang. Padahal jika kita mengenal betul tentang makna jihad itu sendiri, sebenarnya banyak acara yang dilakukan untuk melakukan jihad tanpa harus berperang. Dan tentunya sebelum memahami makna jihad itu sendiri kita harus paham berul mengenai apa arti dari jihad tersebut. berdasarkan sahabat nabi yang bernama Ibnu Abbas mengatakan bahwa makna jihad adalah mencurahkan segenap kekuatan dengan tanpa mengenal rasa takut untuk membela agama Allah terhadap cercaan orang yang mencerna dan permusuhan orang yang memusuhi. Dan itu berarti dari arti jihad tersebut, jihad memiliki makna sebagai mengeluarkan segala kesungguhan, kekuatan serta kesungguhan pada jalan yang diyakini benar sesuai jalan Allah.

Kaum muslimin wal muslimat rahimakumullah.
Melihat makna jihad yang disampaikan oleh sahabat nabi tersebut terkandung makna bahwa jihad bukan melulu tentang perang atau yang berbau kekerasan. Jihad dapat diwujudkan dalam beberapa tingkatan yaitu jihad melawan hawa nafsu, jihad melawan syetan, jihad melawan orang kafir, dan jihad memberantas kezaliman, kemungkaran dan juga bid’ah.

Sehingga jika kita memaknai jihad dalam kehidupan sekarang ini, tentunya bukan lagi perang melawan musuh-musuh Allah dengan pedang. Namun dapat dilakukan dengan cara-cara cinta damai yaitu dengan menjadi generasi Qurani, menyerukan kebaikan, menghindari segala perbuatan yang akan membawa kita kepada jalan kemungkaran, dan masih banyak lagi lainnya tentunya. Dan bagi orang yang diberikan harta yang melimpah maka dapat digunakan untuk berjihad. Sesuai dengan hadist nabi :
مَنْ أَنْفَقَ نَفَقَةً فِيْ سَبِيْلِ اللَّهِ كُتِبَتْ لَهُ بِسَبْعِمِائَةِ ضِعْفٍ٠
"Barang siapa yang membelanjakan hartanya di jalan Allah, baginya disediakan tujuh ratus lipat harta yang dibelanjakan¬nya itu".
Kaum muslimin wal muslimat rahimakumullah.
Cukup sekian yang dapat saya sampaikan.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.