Jumat, 19 April 2019

Contoh Teks Pidato Bencana Alam | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Teks Naskah Pidato. Berpidato merupakan salah satu wujud kegiatan berbahasa lisan. Oleh sebab itu, berpidato memerlukan dan mementingkan ekspresi gagasan dan penalaran dengan menggunakan bahasa lisan yang didukung oleh aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, kontak pandang, dan intonasi suara.


PENGERTIAN PIDATO,KHOTBAH, DAN SAMBUTAN. Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. 


Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Sebelum kita memulai pidato pada kesempatan ini , maka pertama-tama saya mengajak kepada hadirin sekalian untuk terlebih dahulu kita memanjatkan puji syukur Alhamdulilah kehadirat Allah SWT yang telah memperkenankan kita semuanya disini untuk berkumpul dan bersilaturahmi di acara yang penuh barokah ini. tak lupa juga shalawar serta salam tentunya akan selalu kita haturkan kepada nabi junjungan kita nabi Muhammad SAW yang telah memberikan petunjuk sehingga kita menjadi umatNYa yang akan selamat dunia dan akherat.

Jamaah pengajian yang berbahagia.
Beberapa waktu terakhir ini negara kita Indonesa seringkali dilanda dengan bancana alam, mulai dari tsunami, gunung meletus, tanah longsong, banjir dan bahkan yang baru-baru ini adalah bencana asap pekat yang melanda wilayah Sumatra dan Kalimantan akibat banyaknya kebakaran hutan. Akhirnya beragam speskulasi dan teori pun muncul tentang penyebab dari munculnya bencana-bencana tersebut mulai dari akibat penggundulan hutan, pembuangan sampah yang tidak pada tempatnya, penyalahagunaan lahan bahkan hingga isu global warming. Namun yang pasti hampir semua mengarah kepada perilaku buruk umat manusia.

Sebenarnya jika kita mau mengkaji, munculnya bencana yang ada sekaranag akibat perilaku umat manusia tersebut telah tertulis sejak lama dalam AL Quran tepatnya dalam QS AN Nisa ayat 79 :
"apa saja nikmat yang kamu peroleh adalah dari Allah, dan apa saja bencana yang menimpamu, Maka dari (kesalahan) dirimu sendiri. Kami mengutusmu menjadi Rasul kepada segenap manusia. dan cukuplah Allah menjadi saksi"
Melihat ayat tersebut kita sadar betul bahwa apa-apa yang indah dan nyaman yang kita rasakan dengan adanya alam, dan sebaliknya munculnya berbagai hal yang tidak enak seperti bencana, tidak lain dan tidak bukan tentunya semua adalah akibat dari apa yang kita lakukaan selama ini. dan jika sekarang ini banyak bencana alam maka bisa dipastikan hal tersebut memang karena ulah manusianya saja yang terlalu rakus dalam mengambil segala sesuatu yang ada di alam demi memenuhi kebutuhan.

Jamaah pengajian yang berbahagia.
Dengan banyaknya bencana yang melanda memang telah memberikan banyak sekali kerugian baik berupa fisik maupun psikis. Sehingga melihat hal tersebut tentunya kita harus merenung dan mulai menelaah dan pastinya mulai berbenah untuk kembali membuatnya alam sebagai sahabat, sehingga bencana pun tidak akan kembali terjadi.
Jamaah pengajian yang berbahagia.
Kiranya cukup sekian saja yang dapat saya sampaikan. Apabila ada kesalahan, tentunya dengan kerendahan hati, saya mohon maaf yang sebesar-besarnya.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Walhidayah.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.