Senin, 11 Maret 2019

Pidato Bahasa Jawa Tentang Peristiwa Banjir

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.


Contoh Pidato

   
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

Bismillah, Alhamdulillah

'Ala ni'matillah

La kahula wala quwwata illa billah

Ammaba'du

Bapak Ibu ingkang kawulo hormati

Lan sedoyo hadirin ingkang kawulo tresnani

Sepindahan monggolah sesarengan muji syukur dumateng Allah SWT, ingkang sampun maringi pinten-pinten kerohmatan, pinten-pinten kemurahan dumateng kito, arupi nikmat kesehatan lan kesempatan, sehinggo ing saat siang puniko kito saget makempal wonten ing ruangan puniko kanti sehat wal afiat.

Sholawat soho salam mugi-mugi tetep kaatur dumateng kanjeng nabi Muhammad SAW ingkang mboten ketinggalan kaliyan keluarganipun, sahabatipun, lan umatipun. Amin.

Hadirin ingkang kinurmatan

Wonten kesempatan puniko, kawulo bade nyampeaken sesorah kanti judul bencana banjir.

Kito sering mireng wonten ing surat kabar, ing tv, radio kabar bencana alam wonten ing Indonesia. Contonipun koyo bencana tanah longsor, bencana banjir, bencana gunung meletus, bencana tsunami, lan bencana alam sak lintunipun. Pernah mboten kito makrifat dumateng Allah? Kito makrifat dumateng ciptaan Allah?

Sedoyonipun ingkang wonten alam ndoyo puniko sejatosipun gadahing gusti Allah, bilih manungso puniko mung dipun ngenggoni lan kedah ngrumat bumi lan sak isinipun. Anangi saking sifat rakusipun manungso, sifat nakalipun manungso alam puniko malah dipun rusak.

Hadirin ingakang kawulo tresnani

Bencana banjir, kito sedoyo sering ningali wonten Ibu Kota Jakarta, banyu katah sanget nutupi dalan-dalan, mlebet wonten omah-omah, sekolah-sekolah sehinggo aktivitas mboten saget. Cobi njenengan ningali wonten ing sak sekelilinge kito, daerah tempat tinggal kito, pernah mboten mengalami bencana banjir? mesti pernah nggih, luwih-luwih daerah ingkang kalebet dataran rendah.

Menopo sebabipun bencana banjir? Memang bencana niku datengipun saking Allah, ananging wonten sebab-sebabe. Sebabipun bencana banjir koyoto mbuwang sampah mboten ing panggonane, saluran got mboten lancar, mpun mboten wonten malih tempat-tempat peresapan banyu. Lan sak piturute.

Hadirin ingkang kawulo hormati

Pramilo, sawusing wonten bencana banjir meniko kedah dipun dadosaken pengeling dumateng kito, supados njagi lingkungan kito kanti sae sehinggo bencana banjir saget dipun kirangi.

Menikolah sesorah ingkang saget kawulo aturaken, mugi mbeto manfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.