Jumat, 29 Maret 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Keimanan Dan Ketaqwaan | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada kesempatan yang berbahagia ini, pertama-tama saya mengajak kepada seluruh hadirin untuk sejenak meluangkan waktu, mengungkapkan ungkapan rasa syukur kehadirat Allah SWT yang telah memberikan berbagai kenikmatan dan karuniaNya kepada hambaNya, khususnya nikmat Iman dan Taqwa yang hingga kini masih dapat kita nikmati. Tak lupa juga shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW yang telah mengentaskan kita dari ancaman jaman jahiliyah.

Hadirin kaum muslim wal muslimat yang dirahmati dan dimuliakan oleh Allah SWT.
Ajaran agama dalam hal ini adalah agama Islam, memiliki peranan yang sangat penting dalam terwujudnya sebuah kehidupan bangsa yang berakhlak, dan sejahtera lahir dan batin. Dan sejalan dengan hal tersebut, maka pembangunan keimanan dan ketakwaan juga tak bisa dilepaskan begitu saja dengan dengan pembangunan nasional yang memang arah untuk meningkatkan keimanan dan juga ketakwaan demi terciptanya suatu kehidupan yang selaras dan berimbang.
Hadirin kaum muslim wal muslimat yang dirahmati dan dimuliakan oleh Allah SWT.
Dalam agama Islam, kadar Keimanan dan ketakwaan seseorang tentunya dapat diperlihatkan salah satunya dengan seberapa besar tingkat komitmennya terhadap penegakan ajaran Islam secara menyeluruh, entah itu ajaran-ajaran yang ada kaitannya dengan Sang Maha Kuasa, atau juga ajaran-ajaran yang ada kaitannya dengan sesama makhluk. Baik itu secara individu maupun juga perannya sebagai makhluk sosial.

Memelihara keimanan dan ketakwaan bagi setiap hamba yang Allah merupakan suatu hal yang wajib dilakukan oleh setiap hamba. Karena keimanan dan ketakwaan merupakan kompas hidup yang akan menunjukkan kita tentang jalan kehidupan yang seharusnya di tempuh. Akankah nantinya dapat sesuai dengan kompas yang berarti sesuai dengan ajaran-ajaran Syariat Islam yang ada, ataukah nantinya akan melenceng dari Kompas yang berarti jalan hidupnya akan melenceng dari ajaran-ajaran agama. Dan sama seperti dalam makna kompas sesungguhnya, begitu melenceng dari arah yang ditunjukkan kompas maka pasti akan tersesat.
Terlebih lagi, adanya keimanan dan ketakwaan seseorang juga akan memberikan banyak benteng dan juga kenyamanan baik di dalam kehidupan bermasyarakat maupun kenyamanan dalam kehidupan spiritual dalam hal ini adalah kedamaian hati dan pikiran.

Oleh sebab itu, melalui momentum ini maka marilah kita sekalian untuk terus berusaha meningkatkan keimanan dan ketakwaan kita kepada Allah SWT dengan segala cara, mulai dari menambah keilmuan keagamaan, merenungkan tanda-tanda kebesaran Allah yang terlihat di alam, melakukan berbagai ibadah dan juga penting untuk menghindari segala sesuatu yang sekiranya dapat menurunkan kadar keimanan dan ketakwaan dalam diri kita.
Hadirin kaum muslim wal muslimat yang dirahmati dan dimuliakan oleh Allah SWT.
Demikian uraian singkat yang dapat saya sampaikan. Dan mudah-mudahan apa yang saya sampaikan apda kesempatan ini dapat dijadikan sebuah renungan untuk meningkatkan keimanand an ketakwaa kita sekalian.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.