Senin, 25 Maret 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Kebudayaan | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Rangkaian puja dan puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan karunia dan rahmatNya sehingga manusia diberikan kelebihan akal yang membuatnya mampu menjelma menjadi makhluk yang berbudaya. Tak lupa juga shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita, manusia pilihan yang mulia, Nabi Muhammad SAW. Sebagai bentuk sosok suri tauladan yang paling baik sebagai makhluk yang beradap dan berbudaya.
Seluruh hadirin yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT.
Hampir seluruh bangsa Indonesia tahu betul bahwa bangsa kita memiliki kebudayaan yang berlimpah yang terbentang dari Sabang hingga Merauke. Bahkan kekayaan budaya milik kita tersebut membuat banyak negara-negara lain merasa iri dan pada akhirnya berani mengklaim kebudayaan kita menjadi kebudayaan mereka. sehingga tentunya, kita sebagai generasi yang hidup di masa kini harusnya menyadari betul bahwa kebudayaan milik bangsa kita ini merupakan sebuah harta karun yang tak ternilai harganya. Sehingga sudah sepatutnya untuk kita menjaga setiap warisan budaya kita tersebut dengan sepenuh hati.

Seluruh hadirin yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT.
Berbagai warisan kebudayaan baik mulai dari tarian-tarian, nyanyian-nyanyian, pakaian-pakaian adat, dan warisan budaya lainnya sudah sepatutnya mulai diperkenalkan ke pada generasi sejak dini dimulai dengan perkenalan-perkenalan di sekolah. Namun tentunya, nantinya tidak lagi hanya sekedar diperkenalkan saja, namun lebih dari itu pengenalan-pengenalan kebudayaan tersebut harus di tindak lanjuti dan di bawa ke alam nyata dan bukan hanya sebatas melihat dalam buku-buku mata pelajaran saja. kontes tari daerah, kontes menyanyi lagu-lagu daerah hendaknya mulai dikemas menjadi suatu yang menarik layaknya ajang pencarian bakat kelas nasional yang sering ditampilkan di televisi. Tak hanya itu saja, kontes-kontes kebudayaan seharusnya juga mulai dikemas menjadi semakin menarik yang tak akan kalah dengan adanya tend-trend baru yang masuk begitu menggila ke bangsa kita.

Namun tentunya segala keinginan-keinginan tersebut harus didukung oleh semua pihak. Tak hanya sekedar mengadakan saja tanpa adanya tindak lanjut. Sehingga memang, semua pihak baik itu dari masyarakat, pemerintah, pelaku-pelaku budaya dan seluruh aspek dalam bangsa kita ini harus bersatu padu untuk mewujudkannya. Tak lupa juga, selain kreatifitas yang telah tercipta, perlu juga dilakukan berbagai promosi. Tentunya promosi yang dilakukan tidak hanya mencakup kawasan lokal saja namun juga meliputi kawasan internasional. Sehingga dengan cara ini maka kebudayaan negara kita tak lagi hanya dapat lestari namun juga dapat dikenal secara mendunia sebagai budaya bangsa kita. dan pada akhirnya tak akan ada lagi negara-negara lain yang berani mengklaim budaya kita menjadi budaya mereka.

Seluruh hadirin yang berbahagia dan dirahmati oleh Allah SWT.
Semoga apa yang saya sampaikan pada kesempatan kali ini dapat bermanfaat dan semoga dapat memberikan sedikit motivasi untuk kita semua dalam melestarikan budaya bangsa kita.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.