Kamis, 21 Maret 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Keagamaan | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Lantunan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah senantiasa memberikan rahmat dan nikmatNya sehingga kita msih diberikan banyak sekali karunia khususnya karunia ketetapan hati untuk masih dapat memeluk agama Islam dan masih diperkenankan untuk tetap berusaha menjalankan segala kewajiban dan menjauhi laranganNya. Tak lupa juga tentunya shalawat serta salam akan senantiasa kita haturkan kepada manusia pilihan yang paling mulia, junjungan kita nabi besar Muhammad SAW. Semoga kesejahteraan dan keselamatan selalu tertuju kepada beliau, keluarganya, sahabat-sahabatnya serta para pengikutnya.
Seluruh hadirin yang berbahagia.
Berdasarkan sebuah survei yang dilakukan oleh salah satu lembaga Komisi Perlindungan Anak baru-bari ini telah diungkapkan bahwa lebih dari 60% siswi SMP telah melakukan hubungan seksual pra nikah alias berzina. Bahkan seringkali kita juga melihat betapa sekarang ini banyak sekali bermunculan video-video hubungan seksual seorang remaja SMP yang sedang melakukan hubungan seks beredar bebas di internet. beum lagi fenomena gadget yang sekarang ini banyak sekali memberikan dampak negatif bagi para remaja. Tentunya ini merupakan sebuah peristiwa yang sangat membuat miris. Nilai-nilai agama yang seharusnya mampu membentengi mereka untuk melakukan hal-hal tersebut nampaknya semakin lama semakin lama semakin hilang terkikis oleh majunya teknologi. para remaja akan lebih ketakutan ketinggalan ponsel mereka dibanding ketika mereka tidak menjalankan ibadah sholat.

Seluruh hadirin yang berbahagia.
Terciptanya fenomena-fenomena diatas tentunya tak terlepas dari peran keluarga dalam hal ini orang tua dalam mendidik anak-anak mereka. karena karakter anak yang ada sekarang ini, maun diakui atau tidak tentunya adalah hasil karya dari orang tuanya. Sehingga memang baik buruknya sebuah masyarakat pada dasarnya di mulai dari bagaimana seorang anak mendapatkan pendidikannya di rumah. Dalam Islam pendidikan yang ada di dalam keluarga telah dengan tegas dijelaskan bagaimana orang tua memikul tanggung jawab yang besar dalam hal keburukan dan kebaikan anak-anak mereka.
Dalam hal ini Ibnu Qoyyim telah menegaskan ““Orang yang tidak menghiraukan pendidikan hal yang bermanfaat bagi anaknya dan membiarkan anaknya terlantar, telah melakukan kejahatan yang paling keji. Kebanyakan anak berperilaku buruk dikarenakan orang tua yang mengacuhkan mereka, tidak memperhatikan fardhu-fardhu dan sunnah-sunnah agama pada mereka. Orangtua yang menelantarkan anak-anaknya ketika mereka kecil, disaat telah membuat mereka tidak berfaedah bagi diri sendiri bagi seorang tua ketika mereka telah dewasa, ada orang tua mencela anaknya yang jahat, lalu anaknya berkata, “Ayah, engkau jahat padaku ketika aku kecil. Maka, aku jahat padamu setelah aku besar, engkau menelantarkanku ketika aku anak-anak, maka aku menelantarkanmu setelah aku dewasa.

Seluruh hadirin yang berbahagia.
Demikian saja Naskash Pidato Tentang Keagamaan yang dapat saya sampaikan. Kurang dan lebihnya saya mohon maaf.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.