Rabu, 27 Maret 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Jilbab | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur Alhamdulilah akan senantiasa kita panjatkan kehadirat Allah SWT yang telah memberikan segala nikmat dan rahmatNya sehingga kita masih diberikan ketetapan hati dan ketetapan iman sehingga membuat kita masih diberikan kesempatan untuk dapat beribadah dan menjalankan segala perintah-perintahNya. Tak lupa juga shalawat serta salam marilah kita haturkan kepada junjungan kita nabi besar Muhammad SAW sebagai makhluk mulia penutup para nabi dan Rosul.

Seluruh hadirin, muslimin wal muslimat yang berbahagia.
Berbicara mengenai hijab di masa sekarang nampaknya bukan lagi tentang bagaimana agama kita mengaturnya dan telah dijelaskan secara jelas dalam Firman Allah SWT. Karena memang hampir nsemua muslimah paham betul mengenai kewajiban berjilbab sehingga dimasa sekarang ini nampaknya pengguna jilbab semakin hari sepertinya semakin banyak. namun dibalik meningkatnya pemakai jilbab tersebut muncul suatu fenomena baru yang patut untuk diwaspadai yaitu trend berhijab.

Seluruh hadirin, muslimin wal muslimat yang berbahagia.
Munculnya suatu kelompok yang dikenal dengan sebutan Hijabers mau tidak mau memang telah memberikan pengaruh yang luar biasa bagi jilbab itu sendiri. dengan adanya fenomena hijab ini, meski mereka menggunakan penutup kepala, namun jika kita melihat esensi jilbab yang sebenarnya memang kain yang memiliki fungsi untuk menutupi aurat, nampaknya hal tersebut tak lagi ditemui dalam model-model hijab yang ada sekarang ini. sehingga banyak yang mengatakan bahwa hijab yang digunakan hanyalah menggunakan kerudung saja dan bukanlah jilbab. Hijab yang dimaknai sebagai kerudung ini tentunya merupakan suatu hal yang sangat beralasan. Karena selain penggunaan hijab hanya untuk alasan fashion, model-model hijab yang diterapkan oleh para muslimah nampaknya juga jauh dari aturan-aturan baku dari jilbab itu sendiri.

Namun memang, fenomena hijab ini sendiri menimbulkan banyak pro dan kontra. Bagi mereka yang pro, mereka menganggap fenomena ini dinilai sebagai salah satu hal yang positif karena dapat mengkampanyekan pakaian tertutup dan masih tetap modis. Namun, disisi lain bagi mereka yang kontra, menganggap bahwa fenomena hijab ini malah akan mengkaburkan dan meminggirkan aturan-aturan hijab itu sendiri. kedua hal ini sebenarnya sangatlah beralasan. Di jaman dahulu, wanita yang memutuskan untk berjilbab merupaka salah satu bukti akan ketaatan mereka akan ajaran agam. Sementara para hijabers sekarang ini jilbab merupakan sebuah gaya hidup tersendiri. Sebenarnya gaya hidup berhijab tentunya adalah suatu hal yang bagus, namun sayangnya model-model hijab yang melanda anak muda sekarang ini jaug dari yang namanya syar’i. Bahkan muncul fenomena hijab yang dinamakan sebagai jilboops. Dimana mereka nampak menggunakan kerudung, namun masih memakain pakaian yang luar biasa ketat. Sehingga, marilah seluruh kaum muslimah yang berhijab, benahi cara berhijab anda, sehingga hijab tak hanya berfungsi sebagai penutup kepala dan fashion saja, namun hijab yang kita kenakan benar-benar mampu menutup aurat dan sesuai dengan aturan agama yang benar.

Seluruh hadirin, muslimin wal muslimat yang berbahagia.
Demikian saja yang dapat saya sampaikan.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.