Minggu, 24 Maret 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Islam | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Segala puja dna puji hanya untuk Allah SWT yang telah berkenan memberikan segala rahmat, karunia dan rahmatNya tanpa perhitungan untuk memelihara semua makhluknya. Dengan pemberianNya yang tak terhitung itulah maka tak ada ungkapan rasa syukur yang terucap secara lisan kecuali ucapan Alhamdulilahirobbil Alamin. Sholawat serta salam marilah senantiasa tercurahkan keoada junjungan kita nabi mulia , kekasih harijutaan umat muslim dunia, nabi Muhammad SAW yang memiliki budi paling luhur dengan semulia-mulia ucapan dan doa untuknya.

Hadirin sekalian yang dirahmati dan dimuliakan oleh Allah SWT.
Islam adalah satu-satunya agama yang akan membawa seluruh umat manusia di muka bumi selamat dunia dan akherat. Tak ada agama apapun di muka bumi yang mengatur umatnya seperti Islam yang selalu memberikan petunjuk dan aturan bahkan untuk aktifitas sekecil apapun. Islam merupakan agam yang selalu memberikan petunjuk untuk selalu menjunjung tinggi kedamaian dan menyruh umatnya untuk menjaga keberlangsungan bumi ini. sehingga jika kita benar-benar meyakini bahwa Islam merupakan agama yang paling benar di sisi Allah, maka tidak hanya terhenti hanya untuk memikirkan keimanan kita sendiri saja, namun lebih dar itu kita juga harus memikitkan bagaimana generasi kita selanjutnya apakah ia tetap akan memleuk agam yang lurus ini atau tidak.

Hadirin sekalian yang dirahmati dan dimuliakan oleh Allah SWT.
Islam mengajarkan kita tak hanya beribadah kepada Tuhannya saja, namun juga diharapkan untuk melakukan kebaikan atau ibadah kepada sesama makhluk hidup lainnya khususnya sesama manusia. Karena segala tingkah laku kita sebagai umat muslim memiliki kaitan yang sangat erat. Hal ini sesuai dengan apa yang telah ditulis di dalam AL Quran tepatnya dalm QS Al Baqarah ayat 25:
"dan sampaikanlah berita gembira kepada mereka yang beriman dan berbuat baik, bahwa bagi mereka disediakan surga-surga yang mengalir sungai-sungai di dalamnya. Setiap mereka diberi rezki buah-buahan dalam surga-surga itu, mereka mengatakan : "Inilah yang pernah diberikan kepada Kami dahulu." mereka diberi buah-buahan yang serupa dan untuk mereka di dalamnya ada isteri-isteri yang suci dan mereka kekal di dalamnya"

Melihat Firman Allah tersebut, kita sebagai umat muslim yang beriman dan bertakwa, tentunya tidak hanya memikirkan hubungan kita kepada Allah semata namun juga memikirkan amal baik untuk sesama makhluknya. Dengan cara ini pulalah, tanpa sadar kita telah mengenalkan Islam sebagai agama yang cinta damai.
Hadirin sekalian yang dirahmati dan dimuliakan oleh Allah SWT.
Sekian saja yang dapat saya sampaikan.
Akhirul Kalam.
Wabillahi Taufiq Wal Hidayah.
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.