Rabu, 06 Maret 2019

Contoh Teks Pidato atau Sambutan Penyerahan Pengantin Pria

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yth. Bapak dan Ibu Orang Tua.( Calon mempelai wanita ) . Yth. Para Tokoh Masyarakat, Alim Ulama dan Sesepuh yang ada di lingkungan (Tempat tinggal mempelai wanita). Tentunya tidak lupa kepada keluarga besar kedua mempelai yang hadir pada kesempatan yang berbahagia ini. Untuk mengawali jumpa kita saat ini, terlebih dahulu kita semua panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah swt, karena dengan limpahan rahmat, hidayah serta inayah-Nya sampai saat ini kita masih ditakdirkan oleh Allah swt, untuk menghadiri acara yang berbahagia ini dengan keadaan sehat walafiat.
Sholawat serta salam semoga selamanya terlimpuhcurahkan kepada Nabi terakhir yang terpilih, Rosul penutup yang termasyhur yakni Habibana Wanabiyyana Wamaulana Muhammad SAW. beserta para shohabatnya, kerabatnya, serta kepada seluruh umat yang selamanya taat kepada ajarannya sampai akhir zaman… 

Bapak, Ibu, serta hadirin yang berbahagia…
Pada kesempatan ini saya atas nama keluarga Bapak (ayah dari calon mempelai pria) yang merupakan orang tua dari saudara (calon mempelai pria) terlebih dahulu menyampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya kepada Bapak, Ibu, serta hadirin dan keluarga besar dari Bapak (ayah dari calon mempelai pria) apabila kedatangan kami beserta rombongan dapat menggangu dan kurang berkenan di hati Bapak, Ibu serta hadirin selaku pribumi di sini. Apabila ada prilaku kami yang kurang sesuai dengan adat istiadat di sini mohon dimaafkan.
Saya disini selaku juru bicara yang mewakili keluarga dari pihak Calon Mempelai Pria akan menyampaikan maksud dan tujuan kedatangan kami ke sini. Yang pertama-tama adalah untuk memperkokoh silaturahmi yang telah terjalin diantara dua keluarga ini, untuk lebih saling mengenal kembali dengan bertemunya dua keluarga besar dari kedua mempelai.

Yang selanjutnya disini ada jejaka tampan yang mencintai putri Bapak Ibu dan berniat untuk mempersuntingnya, tapi rupanya ada sedikit kendala. Karena sitampan ini rupanya tidak mau berangkat sendiri menghadap Bapak Ibu sekalian. Maka dengan cinta dan kasih sayang orang tua dari adik (calon mempelai pria) kami pula dipinta untuk pula mengantarkan adik (calon mempelai pria) untuk menuju ke gerbang pernikahan, yang membuat kami seluruh keluarga besar ikut gembira.
Berat terasa ketika kami melangkahkan kaki ke tempat megah ini, bukan karena kami tidak berbahagia. Karena kami khususnya orang tua calon mempelai pria takut anak kesayangan mereka ini belum mamp untuk putri Bapak Ibu tercinta. Ini adalah sebuah beban yang berat, Putri Bapak Ibu yang bernama (calon mempelai wanita) bukan hanya cantik rupanya, pendidikan yang tinggi juga pekerjaan yang baik, membuat kami menjadi rendah hati. Takut jikalau putra kami tercinta tidak sebanding dengan harapan atau kriteria menantu idaman dari Bapak Ibu dik (calon mempelai wanita).
Tapi kami tegapkan langkah kembali memberanikan diri untuk meminta ijin dan ridhonya keluarga besar calon mempelai wanita untuk merestui dan menerima pinangan dari putra kami tercinta, ananda (caon mempelai pria).

Bapak, Ibu serta hadirin yang berbahagia…..
Demikianlah kiranya ungkapan penyerahan dari saya atas nama Bapak (calon mempelai pria) dan akhirnya saya selaku pribadi dan rombongan menyampaikan ucapan terimakasih atas segala kebaikan dalam penerimaan kami beserta rombongan, dan mohon maaf apabila ada kekurangan dan kesalahan dari kami.
Terima kasih, Billahittaufiq wal hidayah,
Wassalamu’alaikum Wr.Wb.