Senin, 11 Maret 2019

Contoh Pidato Bahasa Jawa Menyambut Bulan Pahala Ramadhan

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.


Contoh Pidato

   
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

الْحَمْدُ لله رَبِّ الْعَالَمِيْنَ، وَبِهِ نَسْتَعِيْنُ عَلَى أُمُوْرِ الدُّنْيَا وَالدِّيْنِ، وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ الْمُرْسَلِيْنَ، نَبِيِّنَا مُحَمَّدٍ صلى الله عليه وسلم وَعَلَى آلِهِ وَأَصْحَابِهِ وَالتَّابِعِيْنَ وَمَنْ تَبِعَهُمْ بِإِحْسَانٍ إِلىَ يَوْمِ الدِّيْنِ، وَبَعْدُ:

Bapak Ibu hadirin ingkang kawulo hormati

Langkung rumiyin, monggolah kito sesarengan ngunjukaken raos syukur dumateng pangarsanipun gusti Allah SWT sehinggo ing saat siang puniko kito saget kekempalan wonten ruangan puniko kanti sehat wal afiat.

Sholawat soho salam mugiyo tetep dipun paringaken dumateng suri tauladan umat inggih puniko kanjeng nabi Muhammad SAW, lan ugi dumateng keluarganipun, sahabatipun, lan sedoyo umatipun ingkang sami ngalmapi syariat ingkang sampun diajaraken. Mugi-mugi kito sedoyo kalebet umatipun kanjeng nabi lan angsa syafatipun benjang wonten dinten akhir. Amin.

Poro rawuh sedoyo ingkang kawulo hormati

Mboten kroso, sekedap malih kalebet wulan ingkang agung, wulan ingakng pinulyo, inggih puniko wulan Romadhon, ing wulan puniko kito kedah dipun wajibaken ngalampahi puoso wulan Romadhon.

Ing salebeting wulan Romadhon puniko sedoyo amal sae ganjaranipun dipun tikelaken, dipun lipatgandaaken. Sebab meniko, mangke salebeting wulan Romadhon kito dipun ngalampahi amalan-amalan ingkang sae, contonipun ngathah-ngathahi maos Al-Qur'an, nderek shalat tarawih, nderek mirengaken pengaosan-pengaosan, ngathah-ngathahaken dzikir, amal jariyah lan sak piturute.

Poro rawuh sedoyo ingkang berbahagia

Punopo ingkang kedah kito siapaken menyambut wulan ingkang suci meniko? Sepindah kito kedah rumongso seneng ing manah, sebab bade karawuhan wulan ingkang kathah pangapuro saking Allah. Sebab menopo? kito sampun remen anggoning karawuhan wulan Romadhon puniko sampun angsal ganjaran ingkang gede, nopo malih kito ngalmapi puoso, lan nglampahi amalan-amalan sae wonten wulan meniko, mesti ganjarane luwih angeng sanget.

Salajengipun kito kedah nyiapaken fidik kito spados anggoning nglampahi siyam Romadhon mangke kito mboten dalam keadaan ingkang sakit. Pramilo wiwit sameniko kito kedah nyiapaken fisik lan mentalipun, soho imanipun kangge ngadepi wulan siyam Romadhon.

Menikolah sesorah ingkang saget kawulo aturaken, mugi manfaat.

Wassalamu'alaikum Wr. Wb.