Senin, 11 Maret 2019

Contoh Pidato Bahasa Jawa Bahaya Minuman Keras

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.


Contoh Pidato

   
Assalamu'alaikum Wr. Wb.

الْحَمْدُ ِللهِ رَبِّ الْعَالَمِيْنَ وَالصَّلاَةُ وَالسَّلاَمُ عَلَى أَشْرَفِ اْلأَنْبِيَاءِ وَالْمُرْسَلِيْنَ وَعَلَى اَلِهِ وَصَحْبِهِ أَجْمَعِيْنَ أَمَّا بَعْدُ

Ingkang kawulo hormati bapak soho ibu sedoyo

Ingkang paling utama, monggolah kito sesarengan angunjukaken raos syukur dumateng Allah SWT ingkang sampun maringi pinten-pinten kerohmatan, kenikmatan ingkang arupi nikmat kesehatan, nikmat iman, nikamat Islam sehinggo kito saget kekempalan ing ruangan meniko kanti sehat wal afiat.

Selajengipun sholawat soho salam, mugi kaunjuk dumateng baginda Rosulillah Muhammad SAW ingkang kito tenggo syafaatipun mbenjang wonten dinten akhir, Amin yarobbal alamin.

Hadirin ingkang kinurmatan

Kawontenanipun kawulo ten mriki bade nyampeaken sesorah kanti judul bahaya minuman keras bagi kesehatan kito.

Kito mesti pernah sering ningali tiyang ingkang tasih mabok, mboten sadar lah meniko contoh saking efek saking minumn keras. Saking segi kesehatan minuman keras meniko saget ndadosaken katah kerugian, koyoto penyakit jantung, liver, saget ndadosaken kerusakan otak, ugi saget nurunaken fungsi indra wonten awak kito.

Minuman keras menawi dipun tingali saking segi agama meniko hukumipun harom, sebab saking mabok meniko saget ngilangaken ilinge kito dumateng Allah SWT, saget nimbulaken kerusuhan, perpecahan lan sak piturute, kados dawuhipun Allah SWT.


إنمايريدالشيطان أنيوقع بينكم العداوة والبغضآءفى الخمروالميسرويصدكم عن ذكراللّه وعن الصلوة فهل أنتم منتهون.

Artosipun :

Kanti minuman keras lanjudi, setan mung bade nimbulaken permusuhan lan saling benci, lan ugi ngalangi siro saking elinge dening gusti Allah lan nglamapahi sholat, pramilo nopo siro kabeh ora pingin mandek?

Hadirin ingkang kawulo hormati

Kejawi meniko, tasih katah snaget kerugian lan bahaya saking minuman keras.

1. Saget nimbulaken tekanan darah tinggi

2. Saget ngrusak saraf pikiran

3. kerusakan ati

4. jantung

lan sakpiturute

Pramilo saking meniko, monggolah wiwit sakniki, sedoyo ingkang sampun terlanjur sering mabok minuman keras dipun mandeki, lan ingkang dereng pernah mboten usah tiru-tiru nyobo mabok minuman keras, sebab kerugaianipun lan efekipun katah sanget.

Menikolah ingkang saget kawulo atiraken mugi manfaat.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.