Rabu, 20 Februari 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Para hadirin yang saya muliakan, rasa puji dan syukur terhadap kehadiran Tuhan yang Maha Esa tak henti hentinya kita panjatkan, kerena atas safa’at dan ramatnyalah pada kesempatan ini Kita dapat berkumpul bersama sama dengan kondisi sehat jasmani dan rohani dalam merayakan tahun berikutnya atas peringatan hari pembebasan Irian Barat.
Para hadirin sekalian, memperjuangkan wilayah NKRI bukan perkata yang mudah untuk di lakukan oleh para pejuang kemerdekaan, ironinya yang terjadi adalah walaupun Indonesia telah merdeka tepat setelah tahun ’45. Namun semua itu hanya kamuplase saja.
Ini dapat di rasakan dan di lihat para hadirin sekalian, dimana salah satu wilayah Indonesia yang di katakan sebagai permata hitam yakni Irian Barat/Papua masih menjadi hak miliki kerajaan Belanda. Dan di tahun 2006 tepatnya di hari itu sang Presiden Republik Indonesia, Susilo Bambang Yudhoyono berhasil mengembalikan 1 wilayah NKRI yang penting ini, dengan menggunakan jalan Konfortasi.

Para hadirin sekalian keputusan ini di ambil setelah banyak sekali perjuangan dan perundingan yang di lakukan bertahun tahuan dnegan pihak Belanda, setelah adanya keputusan KMB maka terbentunya sebeuh keputusan penting bagi pembebasan Irian Barat terhadap cengkraman dari UNI Belanda.
Berbicara mengenai perjuangan yang lainnya, di masa lampau pun sang penjuang kemerdekaan dan presiden Kita pun Soekarno sebelumnya telah memperjuangkan pula kemerdekaan atas Irian Barat dengan di bentuknya Trikora yang berisikan dengan 3 pokok penting, yakni
  • Gagalkan pembentukan negara boneka Papua buatan Belanda.
  • Kibarkan sang Merah Putih di Irian Barat tanah air Indonesia.
  • Bersiaplah untuk mobilisasi umum mempertahankan kemerdekaan dan kesatuan tanah air dan bangsa.
Pokok pokok isi tersebutlah yang menjadi semangan menggelora hingga saat ini, dan kemudian bebaslah Irian barat untuk selamanya.
Terus bagaimana keadaan dan kondisi Irian Barat/Papua setelah merdeka para hadirin sekalian yang berbahagia. Mereka masih saja belum merdeka? Sebagai wilayah merauke maka membuat Irian Jaya menjadi salah satu wilayah tertinggal dengan tanpa perhatian dari pemerintah sama sekali. cermin itu dapat di lihat dari pertumbuhan dan perkembangan ekonominya yang sangat rendah sekali, di bandingkan daerah yang lainnya. dan untuk kesejahteraan warganya yang tinggal di wilayah ini bisa di katakan di bawah garis kemiskinan, serta pendidikannya di katakan sebagai pendidikan yang paling rendah mutunya, infrasturturnya paling tertinggal pembangunanannya dan masih banyak hal yang memprihatinkan yang terjadi di wilayah ini. 

Para hadirin yang saya hormati, maka pertanyaan selanjutnya yang patut di berikan kepada Kita serta pemerintah saat ini. apakah Indonesia masih berhak untuk memiliki wilayah Irian jaya ini sedangkan hak hak mereka sebagai salah satu kesatuan wilayah NKRI tidak pernah di berikan oleh pemerintah.
Jawabannya yang tepat adalah jika Ya, maka mulai dengan detik ini setelah Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat. Maka pemerintah harus memberikan hak hak dari mereka yang menjadi salah satu wilayah NKRI sehingga tidak akan membuat adanya gate yang sangat jauh, tidak ada lagi ketimpangan sosial, pembangunan, dan kesejahteraan yang terjadi di wilayah Papua ini.
Jadi kesadaran dari kita semua, dan kesadaran dari pemerintah sangatlah di perlukan sekali, dalam membangun Papua, dan SDM Papua yang jauh lebih baik lagi dengan program program dan kebijkan yang pro rakyak Papua. 

Sekian hal hal yang mendasar yang saya dapat bagi kepada Anda sekalian mengenai hari penting ini, Hari Peringatan Pembebasan Irian Barat. Jika ada tutur kata yang salah saya mohon maf dan kepada Tuhan saya mohon ampun.
Wassalamualaikum wr wb.
Semoga teks pidato ini dapat menginspirasi dan menambah wawasan Anda. terima kasih