Sabtu, 23 Februari 2019

Contoh Teks Pidato Tentang Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur saya panjatkan ata kehadiran Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnyalah yang dapat membuat Kita semua, di pagi hari ini dapat berkumpul bersama sama dalam memperingati Hari Lembaga Sosial Desa (LSD) yang mana memang pada kenyataannya hari ini hanya kita bisa rayakan dengan rasa penuh suka cita.
Para hadirin sekalian yang saya hormati, sudah Kita ketahui bersama bahwa masyarakat kita memiliki sistem yang mengatus jalannya kehidupan bermasyarakat. Yang mana biasanya sistem ini di sebut sebagai sistem kelurahan.
Adanya sistem ini para hadirin sekalian di harapkan mampu mencapai tujuannya yakni untuk mengatus segala kegiyan yang di lakukan di masyarakat dalam memnenuhi kebutuhan tiap warganya tas hal hal berikut seperti pendidikan, transportasi, perdagangan, kesehatan, pertanian, dan yang ainnya lagi.
Berbicara mengenai hal tersebut para hadirin sekalian, maka penting pula bagi Kita semua untuk membicarakan mengai salah sau bentuk organisasi yang di bentuk oleh pemerintah yang ada di desa dengan nama lembaga sosial desa.
Para hadirin yang saya hormati, untuk Anda sekalian yang tinggal di perkotaan dan merayakan hal ini tentunya akan terdengar asing untuk membicarakan mengenai LSD bukan? namun disini saya akan menjelaskannya, LSD yakni adalah wadah yang berbentuk organisasi yang terpenting dan terbesar di suatu desa, yang para anggotannya semua adalah warga masyarakat desa itu sendiri.
Disini para hadirin sekalian, tujuan di bentuknya LSD ini dii harapkan secara otomatis mampu ikut aktif berperan serta dalam berbagai kegiatan kreatif dalam mendukung program program pemerintah dalam rangka pembaruan dan pembangunan dari tingkat yang paling rendah terlebih dahulu yakni desa .
Para hadirin sekalian yang saya hormati bukan hanya itu saja namun peran lembaga ini sangatlah banyak yakni dimana ini bisa di jadikan salah satu wadah pelaksana pembantu pembangunan dalam berbagai bidang kehidupan baik untuk sosial, ekonomi, budaya dan masuh banyak yang lainnya.
Sehingga dengan adanya ini maka cita cita bangsa dapat terpenuhi yakni masyarakat terlindungi dan tebina dengan baik dan dapat mendorong perkembangan masyarakat yang juah lebih baik dan maksimal lagi.Jadi dengan keberadaan LSD ini, maka pembangunan di daerah semakin baik sekali
.
Sehingga dengan demikian paradigma masyarakat baik kota maupun desa yang menyebutkan bahwa desa adalah wilayah yang tertinggal tidak akan pernah terjadi lagi.
Dan untuk itulah bagi Anda para hadirin sekalian, harus ikut pula mendukung adanya kebijakan ini agar para masyarakat desa untuk dapat hidup jauh lebih sejahtera dan mampu bersaing dengan warga masyarakat yang hidup di perkotaan baik secara ekononomi maupun sosial.
Nah, sekian penjelasan yang bisa sampaikan mengenai LSD semoga dapat memberikan manfaat bagi Anda sekalian. dan apabila selama penyampian pidato saya ini terdapat kesalahan ucapan atau pun perbuatan saya minta maf dan kepada Tuhan saya mohon ampun.
Terima kasih atas partisipasinya dan saya akhiri wasalamualaikum wr wb