Jumat, 22 Februari 2019

Contoh Teks Pidato Tentang 15 Mei: Hari Korps Resimen Mahadjaya | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji syukur saya panjatkan ata kehadiran Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat dan rahmatnyalah yang dapat membuat Kita semua, di pagi hari ini dapat berkumpul bersama sama dalam memperingati hari Hari Korps Resimen Mahadjaya/ Jayakarta (Menwa Jayakarta) yang mana memang pada kenyataannya hari ini hanya kita bisa temukan dalam jangka waktu 1 tahun lamanya.
Dengan begitu penting dan bermaknanya hari ini para hadirin sekalian, maka penting disini menyampaikan penjelasan atas apa saja yang berkaitan langsung dengan makna dari Korps Resimen Mahadjaya, dimana masyarakat ini lebih akrab dengan panggilan menwa.
Para hadirin sekalian, apakah kalian tahu mengenai singaktan dari menwa, yakni resimen mahasiswa yang merupakan salah satu kekuatan sipil untuk mempertahankan negeri dari berbagai wujud sistem pertahaan dan keamanan rakyat semesta sishankamrata. 

Dengan begitu para hadirin sekalian, kalian semua pastinya akan menemukan para anggota menwa di berbagai kampus atau sekolah tinggi diman mereka berkedudukan di sana. Jadi para hadirin sekalian, jangan pernah heran jika Anda tidak akan menemukan di tempat yang lainnya.
Tapi dari intinya adalah tidak sebegitu simpelnya saja Kita mengatakan mengenai menwa itu sendiri, karena pada dasarnya mereka memiliki arti tersendiri yang sangat begitu penting yakni dilambangkan dengan berbagai simbol dan semboyan yang sangat baik sekali untuk dijadikan panutan contoh dan renungan. 

Para hadirin sekalian, yang pertama mereka akan di nyatan sebagai anggota dari menwa adalah mereka yang saat ini menjadi mahasiswa yang sadar menganai rasa tanggung jawab dalam kaitannya akan membela negara dan tidak akan pernah menyerah.
Poin selanjutnya adalah mereka yang termasuk kategori orang orang yang berjiwa ksatria dengan jiwa taqwa kepada tuhan yang Maha Esa dan menjunjung tinggi kejujuran, kebenaran, keadilan,
Dan kemudian mereka pun yang menyatakan diri mereka akan kuat dalam menjunjung tinggi nama dan kehormatan garba ilmuah serta sadar akan hari depan bangsa dan negeri.
Dan yang juga mampu memegang teguh disiplin yang lahir dan batin, percaya diri sendiri dan mengutamakan kepentingan bangsa diatas kepentingan pribadi dan juga golongan.
Jadi makna dan nilai yang bisa di ambil dari Hari Korps Resimen Mahadjaya/ Jayakarta (Menwa Jayakarta), nilai nilai luhur yang masih di pegang teguh dengan baik, sehingga apabila itu semua di terapkan dalam kehidupan baik untuk diri sendiri maupun untuk bangsa akan membarikan dampak yang sangat baik di masa sekarang dan untuk di masa yang akan datang.

Nah, jadi baik bagi Anda semua baik Anda saat ini adalah salah seorang mahasiswa dan pelajar ataupun kalangan umum sekalipun setelah mendengarkan penyampian pidato ini dapat menjadi orang yang sadar akan kepentingan bangsa di atas kepentingan segalanya.
Jadi saya cukupkan penyampain pidato kali ini, semoga kita menjadi pribadi yang bermartabat, bernoma, bernilai dalam membangun negeri yang lebih baik lagi. Sekian saya ucapkan banyak terima kasih atas kehadirannya dan saya mohon maf jika terdapat berbagai kesalahan dalam penyampaian dan kepada Tuhan saya mohon ampun.
Wasallamualaikum wr wb