Jumat, 22 Februari 2019

Contoh Teks Pidato Tentang 12 April: Hari Bawa Bekal Nasional | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Para hadirin yang saya hormati, marilah kita panjatkan puji sukur atas segala nikmat yang telah diberikan oleh Allah SWT sehingga pada saat ini kita masih diberi kesehatan sehingga kita dapat beraktivitas, sholawat dan salam kita sanjungkan keharibaan junjungan besar kita, nabi agung, nabi Muhammad SAW. Dialah sebagai seorang pendobrak dekadensi moral manusia. Melalui jerih payah pengorbanan dan perjuangan beliaulah, kita dapat terbebas dari kekufuran, kejahilan dan kehinaan. Demikian halnya, semoga sholawat dan salam tetap tercurah untuk keluarganya, para sahabat dan pengikutnya hingga akhir zaman.

Para hadirin yang berbahagia, hari ini pada tanggal 12 April telah ditetapkan sebagai hari bawa bekal nasional, dengan ditetapkannya sebagai hari bawa bekal nasional pemerintah berharap masyarakat kita akan menyadari pentingnya membawa bekal sehat.
Hadirin yang terhormat, seperti telah banyak kita ketahui bahwa bekal adalah makanan yang dimasak di rumah dibungkus di dalam tempat yang sesuai dan bisa dimakan di tempat lain. Bekal dapat dibawa ketempat kerja, ke sekolah, ke sawah, ke laut maupun untuk perjalanan jauh, dengan membawa bekal akan menjadikan diri pribadi kita sesorang yang tidak suka untuk jajan sembarangan, makan di luar memang praktis namun tidak sehat. Bahkan sebuah penelitian yang dilakukan ilmuan dari Monash University, National Healt Reseach Institute di Taiwan menemukan bahwa orang yang makan makanan rumah minimal 5 kali seminggu memiliki harapan hidup 47% lebih banyak.
Hadirin yang berbahagia, bekal itu sangat unik dan banyak manfaatnya yaitu sesuai selera kita, bekal pasti terbuat dari bahan yang sehat dan segar, bekal dimasak dengan cara yang sehat dan ditaruh di wadah yang tepat, bekal itu menghemat waktu, bekal itu bisa mengasah kreativitas, juga ramah lingkungan.

Disisi lain membawa bekal itu bukan sekedar trik ngirit yang efektif tapi jauh dari sekedar itu bekal memiliki berbagai manfaat positif dibandingkan dengan membeli makan di luar “Apalagi makanan itu disiapkan oleh istri atau ibu sendiri yang tentunya dibuat dengan penuh kasih sayang”.
Hadirin yang berbahagia, kita bisa menyiapkan bekal untuk suami atau anak-anak kita dengan bekal yang sehat dan beraneka ragam, mencukupi kebutuhan gizi setiap harinya, bekal juga harus yang menyenangkan. Dengan kata lain membawa bekal bisa meningkatkan angka harapan hidup.
Hadirin yang terhormat, dari berbagai manfaat yang telah saya paparkan apakah anda masih ragu untuk membawa bekal ? tentunya tidak kan. Ayo mulai sekarang kita budayakan membawa bekal selain sehat kita juga bisa hemat.

Hadirin yang terhormat, demikian pidato yang saya sampaikan semoga bermanfaat untuk kita semua, jika ada salah kata dan perkataan yang tidak berkenan saya mohon maaf dan kepada Allah saya mohon ampun dan atas perhatian hadirin sekalian saya ucapkan terima kasih, saya akhiri.
Wasallamuallaikum Wr. Wb.