Sabtu, 09 Februari 2019

Contoh Ceramah Singkat Tentang Tilawatul Quran dan Keutamaannya

Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Nasihat menasihati merupakan kewajiban bagi setiap muslim atas muslim yang lainnya. Seorang muslim wajib mengingatkan saudaranya agar mengerjakan kebaikan dan menjauhi segala macam bentuk kemaksiatan.Salah satu bentuk nasihat menasihati antara sesama muslim ialah dengan menyampaikan kultum singakat atau ceramah singkat untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang dari perbuatan yang tercela.


Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, kumpulan teks ceramah, ,ceramah singkat tentang sedekah, teks ceramah agama, ceramah singkat tentang ilmu, ceramah tentang pendidikan, contoh ceramah umum, contoh teks ceramah umum  , dll.


Ceramah Yang Sering Di Cari:



Contoh Ceramahnya



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua
 Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin Rahimakumullah
Pada kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan sedikit ilmu tentang makna tilawatul qur’an. Apa itu tilawatul qur’an? Dari segi bahasa, tilawah berarti mengikuti dengan dekat. Adapun yang dimaksud tilawah adalah mengikuti Al-Qur’an dengan membacanya serta diikuti dengan tadabbur yang maknanya adalah menjalani apa yang menjadi tuntunan nya, yaitu melaksanakan perintah, menjauhi larangan, serta berkomitmen dengan aturannya. Berkaitan dengan ini, Ibnu Mas’ud mengatakan: “Demi yang jiwaku di tangannya sesungguhnya tilawah sebenarnya adalah menghalalkan yang halal, mengharamkan yang haram, membacanya sesuai apa yang Allah turunkan, tidak merubah kalimat dari tempatnya, dan tidak menakwilkan ayat bukan pada tempatnya.” Ibnu Abbas mengatakan : mengikuti sebenar-benarnya.

Hadirin Rahimakumullah
Tilawatul Quran adalah salah satu bentuk ibadah yang sangat penting, diantara keutamaan atau fadhilah dari tilawatul quran adalah: Pertama, Tilawatul Qur’an adalah salah satui tanda keimanan kepada Allah. Sebagaimana Allah firmankan: “Orang-orang yang membaca Al-Kitab sebenar-benar membacanya, mereka adalah orang orang yang beriman kepadanya.” [Qs Al-Baqoroh: 121] Begitulah, memang demikian orang-orang beriman akan suatu kitab pasti selalu mem bacanya
Kedua, Tilawatul Qur’an akan menjadikan seseorang bersama para malaikat seperti dalam hadits: “Orang yang pandai membaca Qur’an bersama para malaikat yang mulia.” Ketiga, Al-Qur’an akan menjadi syafaat bagi yang membacanya, dalam hadits dikatakan: “Bacalah Qur’an, dia akan memberi syafaat bagi yang membacanya.” .

 Keempat, Al-Qur’an sebagai obat hati bagi pembacanya, dan pembersih noda-noda dosa, sebagaimana sifat Al-Qur’an sebagai syifa’ (obat) dan dalam hadits: “Sesungguhnya hati itu berkarat, seperti berkaratnya besi. Mereka bertanya bagaimana, pengilat nya; beliau menjawab tilawatul Qur’an dan dzikrul maut.”
Kelima, membaca Al-Quran akan membawa keberkahan hidup, Allah mengatakan : Kitab Kami turunkan kepadamu penuh berkah supaya ditadabburi dan supaya orang berakal mengambil pelajaran. QS Shad ayat : 29.

 Hadirin Rahimakumullah
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, segala kekurangan dan kelebihannya saya mohon maaf dan terima kasih. Tak lupa, saya ingin mengajak umat muslim terutama yang hadir pada hari ini untuk lebih bersemangat memabaca dan mentadabburi Al-Quran. Akhir kata semoga kita semua menjadi hamba Allah yang bersyukur dan yang di ridhai-Nya serta tercatat sebagai hamba Allah yang mencintai Al-Quran.
Wassalam, Wr. Wb