Selasa, 12 Februari 2019

Contoh Ceramah Singkat Tentang Keutamaan Bersedekah

Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Nasihat menasihati merupakan kewajiban bagi setiap muslim atas muslim yang lainnya. Seorang muslim wajib mengingatkan saudaranya agar mengerjakan kebaikan dan menjauhi segala macam bentuk kemaksiatan.Salah satu bentuk nasihat menasihati antara sesama muslim ialah dengan menyampaikan kultum singakat atau ceramah singkat untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang dari perbuatan yang tercela.


Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, kumpulan teks ceramah, ,ceramah singkat tentang sedekah, teks ceramah agama, ceramah singkat tentang ilmu, ceramah tentang pendidikan, contoh ceramah umum, contoh teks ceramah umum  , dll.


Ceramah Yang Sering Di Cari:



Contoh Ceramahnya



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya muliakan hadirin dan teman-teman semua Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.
Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya menyampaikan sedikit bahasan tentang keutamaan bersedekah. Sebelumnya kita mungkin tidak asing dengan kalimat yang isinya adalah bahwa tangan di atas lebih baik daripada tangan dibawah. Singkatnya memberi akan selelu lebih mulia dari menerima.

Hadirin yang dimuliakan Allah,
Allah Subhanahu Wa Ta’ala benar-benar memuliakan orang-orang yang bersedekah. Ia menjanjikan banyak keutamaan dan balasan yang menakjubkan bagi orang-orang yang gemar bersedekah. Diantara keutamaan bersedekah yang pertama adalah sedekah dapat menghapus dosa. Hal ini didasarkan pada hadits nabi dimana rasulullah bersabda “Sedekah dapat menghapus dosa sebagaimana air memadamkan api.” (HR. Tirmidzi, dishahihkan Al Albani dalam Shahih At Tirmidzi, 614) Tentunya sedekah disini harus diikuti dengan taubat terhadap dosa-dosa terutama dengan dosa-dosa besar. Diharapkan melalui sedekah ini Allah menggerakan hati kita untuk menjadi insan yang lebih baik.

Keutamaan yang selanjutnya dari bersedekah adalah bahwa orang-orang yang bersedekah akan diberi naungan di hari akhir. Hal ini didasarkan pada hadits nabi yang isinya adalah bahwa ’’ Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam menceritakan tentang 7 jenis manusia yang mendapat naungan di suatu, hari yang ketika itu tidak ada naungan lain selain dari Allah, yaitu hari akhir. Salah satu jenis manusia yang mendapatkannya adalah:“Seorang yang bersedekah dengan tangan kanannya, ia menyembunyikan amalnya itusampai-sampai tangan kirinya tidak mengetahui apa yang disedekahkan oleh tangankanannya.” (HR. Bukhari no. 1421)

Keutamaan lain dari bersedekah adalah bahwa sedekah dapat memberikan keberkahan pada harta. Hal ini didasarkan pada hadit rasul dimana Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda:“Harta tidak akan berkurang dengan sedekah. Dan seorang hamba yang pemaaf pasti akan Allah tambahkan kewibawaan baginya.” (HR. Muslim, no. 2588) Keberkahan disini menurut ulama mencakup dua hal Pertama, yaitu hartanya diberkahi dan dihindarkan dari bahaya. Maka pengurangan harta menjadi ‘impas’ tertutupi oleh berkah yang abstrak. Ini bisa dirasakan oleh indera dan kebiasaan. Kedua, jika secara dzatnya harta tersebut berkurang, maka pengurangan tersebut‘impas’ tertutupi pahala yang didapat, dan pahala ini dilipatgandakan sampai berlipat-lipat banyaknya.

Hadirin yang dimuliakan Allah
Masih banyak keutamaan dari bersedekah yang bisa kita cari dan pelajari, semoga melalui ceramah yang telah dipaparkan kita semua menjadi muslim-muslimah yang dermawan yang mampu mendermakan hartanya. Mungkin cukup sekian yang bisa sampaikan, mohon maaf atas segala kekurangannya dan mohon klarifikasi kembali ilmu yang telah didapat. Akhirnya saya ucapkan terima kasih pada semua hadirin yang telah membersamai saya dari awal sampai akhir.
Wassalam Wr Wb