Minggu, 10 Februari 2019

Contoh Ceramah Singkat tentang Nuzulul Quran

Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Nasihat menasihati merupakan kewajiban bagi setiap muslim atas muslim yang lainnya. Seorang muslim wajib mengingatkan saudaranya agar mengerjakan kebaikan dan menjauhi segala macam bentuk kemaksiatan.Salah satu bentuk nasihat menasihati antara sesama muslim ialah dengan menyampaikan kultum singakat atau ceramah singkat untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang dari perbuatan yang tercela.


Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, kumpulan teks ceramah, ,ceramah singkat tentang sedekah, teks ceramah agama, ceramah singkat tentang ilmu, ceramah tentang pendidikan, contoh ceramah umum, contoh teks ceramah umum  , dll.


Ceramah Yang Sering Di Cari:



Contoh Ceramahnya



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua
Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.
Marhaban Ya Ramadhan,

Hadirin Sekalian yang berbahagia,
Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki 10 hari kedua di bulan Ramadhan yang penuh dengan ampunan ini. Pada kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan sedikit ilmu tentang nuzulul quran. Nuzulul Quran adalah peristiwa penting berkaitan dengan turunnya wahyu Allah yang pertama kepada Nabi Muhammad saw. Seperti yang telah kita ketahui bahwa Al-Quran merupakan Firman Allah yang diturunkan kepada Nabi Muhammad saw. Keberadaannya menjadi mu’jizat bagi umat manusia dan menjadi pedoman atau panduan hidup bagi umat muslim. Hari ini mungkin kita tidak asing dengan berbagai penemuan ilmiah yang sekaligus membenarkan perkataan Al-Quran. Al-Quran adalah sebenar-benarnya kitab yang berasal dari Tuhan Semesta Alam, Yakni Allah Subhanahu Wata’ala. Keontetikannnya bahkan dijamin sampai hari kiamat dan menurut pakar bahasa Arab bahasa Al-Quran memiliki keindahan yang sangat tinggi sehingga mustahil manusia mampu menandinginya. Hari ini, kitab mana yang masih asli dan tidak mengandung kerancuan di dalamnya kecuali AL-Quran?

Hadirin yang dimuliakan Allah
Tepatnya pada tanggal 17 Ramadhan, peristiwa nuzulul quran berlangsung. Malam Nuzulul Qur'an menandakan proses Al-Quran yang diturunkan secara berangsur -angsur selama 22 tahun yangi ayat-ayatnya sangat cermat dan penuh makna, indah, dan fasih bahasanya. Terjalin antara satu ayat dengan ayat lainnya untaian mutiara, serta ketiadaan pertentangan di dalamnya, hal ini semakin menguatkan bahwa Al-Qur’an benar-benar kalam ilahi. Sungguh sangat disayangkan bila kita melewatkan malam baik ini yang terjadi hanya sekali setiap tahunnya.

 Hadirin yang dimuliakan Allah
 Marilah kita sama-sama untuk mengisi malam 17 Ramadhan dengan membaca dan mengkaji ayat-ayat Al-Quran dengan sebaik-baiknya. Semoga ayat-ayatnya bisa menjadi penuntun hikmah yang akan membawa kita pada ketakwaan kepada Allah subhanahu wata’ala.
 Hadirin yang di muliakan Allah
 Demikianlah yang dapat saya sampaikan, segala kekurangan dan kelebihannya saya mohon maaf dan terima kasih. Akhir kata semoga kita semua menjadi hamba Allah yang bersyukur dan yang di ridhai-Nya.
Wassalam, Wr. Wb