Minggu, 10 Februari 2019

Contoh Ceramah Singkat tentang Mengenai Keutamaan Shalat Tarawih

Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Nasihat menasihati merupakan kewajiban bagi setiap muslim atas muslim yang lainnya. Seorang muslim wajib mengingatkan saudaranya agar mengerjakan kebaikan dan menjauhi segala macam bentuk kemaksiatan.Salah satu bentuk nasihat menasihati antara sesama muslim ialah dengan menyampaikan kultum singakat atau ceramah singkat untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang dari perbuatan yang tercela.


Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, kumpulan teks ceramah, ,ceramah singkat tentang sedekah, teks ceramah agama, ceramah singkat tentang ilmu, ceramah tentang pendidikan, contoh ceramah umum, contoh teks ceramah umum  , dll.


Ceramah Yang Sering Di Cari:



Contoh Ceramahnya



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua
Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin Sekalian yang berbahagia, Alhamdulillah pada hari ini kita telah memasuki 10 hari kedua di bulan Ramadhan yang penuh dengan ampunan ini. Pada kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan hadits yang berkaitan dengan keutamaan shalat tarawih.
Dari Ali bin Abu Thalib R.A., berkata: Nabi saw ditanya mengenai keutamaan taraweh pada Bulan Ramadhan, Nabi menjawab:
1. Keutamaan pada malam pertama, keluarlah dosa-dosa orang mukmin seperti ketika dia baru keluar dari perut ibunya.
2. Keutamaan pada malam kedua, Allah mengampuni dosa-dosa orang yang mengerjakan shalat tarawih dan mengampuni dosa kedua orang tuanya (selama keduanya orang mukmin)
3. Keutamaan pada malam ketiga, para malaikat memanggil dari bawah Arasy supaya Allah mengampuni dosanya yang telah lalu.
4. Keutamaan pada malam keempat, mendapat ganjaran seperti orang yang membaca Kitab Taurat, Injil, Zabur dan Al-Qur’an
5. Keutamaan pada malam kelima, Allah memberi ganjaran seperti orang yang shalat di Masjidil Haram, Masjid Nabawi dan Masjidil Aqsa’.
6. Keutamaan pada malam keenam, Allah memberi pahala seperti orang yang thawaf di Baitul Ma’mur dan memintakan ampun untuknya semua batu-batu dan dan tanah liat keras.
7. Keutamaan pada malam ketujuh, keutamaannya seakan-akan ia bertemu dengan Nabi Musa As. Dan ikut menolongnya dari kejahatan Fir’aun dan Haman.
8. Keutamaan pada malam kedelapan, Allah akan memberi keutamaan seperti yang diberikan kepada Nabi Ibrahim As.
 9. Keutamaan pada malam kesembilan, seaka-akan ia telah beribadah sebagaimana ibadahnya Nabi Muhammad SAW.
10. Keutamaan pada malam kesepuluh, Allah akan memberi karunia/rizqi di dunia dan akherat.
11. Keutamaan pada malam kesebelas, ia akan keluar dari dunia (mati) seperti hari ia dilahirkan dari perut ibunya
12. Keutamaan pada malam kedua belas, datang pada hari kiamat dengan wajah yang bersinar seperti bulan malam purnama.
13. Keutamaan pada malam ketiga belas, datang pada hari kiamat dengan keadaan selamat dari segala keburukan.
14. Keutamaan pada malam keempat belas, para malaikat bersaksi kepada orang yang melakukan shalat taraweh sehingga tidak dihisab pada hari kiamat.
15. Keutamaan pada malam kelima belas, para malaikat dan penanggung Arasy dan Kursi memintakan rahmat baginya
16. Keutamaan pada malam keenam belas, Allah memberikan jaminan keselamatan dari api neraka dan jaminan masuk ke surga.
17. Keutamaan pada malam ketujuh belas, Allah memberikan ganjaran seperti ganjaran para nabi Allah.
18. Keutamaan pada malam kedelapan belas, akan memanggil para malaikat: “wahai hamba Allah! Sesungguhnya Allah telah ridha padamu dan kedua orangtuamu”
19. Keutamaan pada malam kesembilan belas, Allah akan mengangkat derajatnya dalam surga firdaus.
20. Keutamaan pada malam kedua puluh, Allah akan memberikan ganjaran/pahala seperti pahala para syuhada dan orang - orang sholeh.
 21. Keutamaan pada malam kedua puluh satu, Allah akan membangun sebuah gedung di surga yang terbuat dari cahaya.
22. Keutamaan pada malam kedua puluh dua, datang pada hari kiamat dengan keadaan selamat dari kebingungan dan kesusahan.
 23. Keutamaan pada malam ketiga puluh tiga, Allah akan membangunkan sebuah kota di surga.
24. Keutamaan pada malam kedua puluh empat, akan diberi dua puluh empat macam doa yang akan diijabah.
 25. Keutamaan pada malam kedua puluh lima, Allah akan mengangkat azab kuburnya
26. Keutamaan pada malam ke dua puluh enam , Allah akan mengangkat pahalanya selama empat puluh tahun
 27. Keutamaan pada malam ke dua puluh tujuh , akan lewat pada hari kiamat pada titian seperti kilat yang menyambar
28. Keutamaan pada malan ke dua puluh delapan , Allah akan mengangkat baginya seribu derajat di surga.
29. Keutamaan pada malam ke dua puluh sembilan , Allah akan memberikan ganjaran seribu haji makbul
30. Keutamaan pada malam ke tiga puluh , Allah berseru : “ wahai hamba ku makanlah buah-uahan surga dan mandilah dengan air Salsabil dan minumlah dari air Kautsar, Aku adalah Tuhan mu dan engkau adalah hamba-Ku.
 Hadirin yang di muliakan Allah,
Demikianlah keutamaan dari shalat tarawih yang disampaikan dalam hadits, semoga kita semua menjadi hamba Allah yang mampu merengkuh keutamaan-keutamaan dalam shalat tarawih tersebut
Hadirin yang di muliakan Allah
Demikianlah yang dapat saya sampaikan, segala kekurangan dan kelebihannya saya mohon maaf dan terima kasih. Tak lupa, saya ingin mengajak umat muslim terutama yang hadir pada hari ini untuk lebih bersemangat dalam menjalankan amalan sunah shalat tarawih dengan sebaik-baiknya. Akhir kata semoga kita semua menjadi hamba Allah yang bersyukur dan yang di ridhai-Nya.
Wassalam, Wr. Wb