Minggu, 10 Februari 2019

Contoh Ceramah Singkat tentang Manfaat Wudhu Dari Sisi Kesehatan

Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Nasihat menasihati merupakan kewajiban bagi setiap muslim atas muslim yang lainnya. Seorang muslim wajib mengingatkan saudaranya agar mengerjakan kebaikan dan menjauhi segala macam bentuk kemaksiatan.Salah satu bentuk nasihat menasihati antara sesama muslim ialah dengan menyampaikan kultum singakat atau ceramah singkat untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang dari perbuatan yang tercela.


Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, kumpulan teks ceramah, ,ceramah singkat tentang sedekah, teks ceramah agama, ceramah singkat tentang ilmu, ceramah tentang pendidikan, contoh ceramah umum, contoh teks ceramah umum  , dll.


Ceramah Yang Sering Di Cari:



Contoh Ceramahnya



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua

 Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin. 

Hadirin Sekalian yang berbahagia, 

Pada kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan sedikit ilmu tentang manfaat wudhu dari sisi kesehatan. Sekurang-kurangnya melalui wudhu panca indra kita lima kali dalam sehari dibersihkan diantaranya pancaindera perasa atau peraba (kulit), pancaindera pengecap (rongga. mulut), pancaindera pembau atau pencium (rongga hidung), pancaindera pelihat (mata), dan pancaindera pendengar (daun telinga).

Hadirin yang dimuliakan Allah 

Ternyata mencuci wajah dan telapak tangan ketika berwudhu diyakini efektif dalam menghilangkan debu dan mikroba, serta menghilangkan keringat dan lemak dari permukaan kulit yang menjadi tempat ideal berkembang biaknya bakteri. Kemudian membasuh kedua telapak kaki dengan memijat secara baik dipercaya dapat mendatangkan perasaan tenang dan nyaman, karena telapak kaki merupakan cerminan seluruh perangkat tubuh. Orang yang berwudhu seakan-akan memijat seluruh tubuhnya satu-persatu, padahal ia hanya membasuh kedua telapak kakinya dengan air dan memijatnya dengan baik. 

Manfaat kesehatan selanjutnya yang harus dketahui adalah bahwa aktivitas berkumur dalam wudhu memiliki nilai kesehatan mulut dan tenggorokan. Penelitian modern membuktikan bahwa berkumur dapat menjaga mulut dan tenggorokan dari radang dan menjaga gusi dari luka. Berkumur juga dapat menjaga dan membersihkan gigi dengan menghilangkan sisa-sisa makanan yang terdapat di sela-sela gigi setelah makan. Manfaat berkumur lainnya yang juga penting adalah menguatkan sebagian otot-otot wajah dan menjaga kesegarannya. Berkumur merupakan latihan penting yang diakui oleh pakar dalam bidang olahraga, karena berkumur dapat menjadikan jiwa seseorang tenang jika dilakukan dengan baik dan benar. 

Hadirin yang dimuliakan Allah 

Kegiatan membasuh hidung dan istinsyaq pun memiliki manfaat kesehatan. Penelitian ilmu modern dari tim kedokteran Universitas Aleksandria membuktikan bahwa sebagian besar mereka yang berwudhu secara kontinyu, memiliki hidung yang bersih dan bebas dari debu, bakteri dan mikroba. Tidak diragukan lagi bahwa lubang hidung merupakan tempat yg rentan dihinggapi mikroba dan virus, tetapi dengan membasuh hidung secara kontinyu dan melakukan istinsyaq (memasukan dan mengeluarkan air ke dandari hidung di saat berwudhu), maka lubang hidung menjadi bersih dan terbebas dari radang dan bakteri. 

Hadirin yang dimuliakan Allah 

Sungguh indah cara Allah dalam menjaga umat muslim agar menjadi manusia yang sehat dan kuat. Tanpa kesehatan tentunya kita akan sulit beribadah secara maksimal kepada Allah swt. Hikmahnya adalah bahwa setiap perintah-Nya adalah sebuah kebaikan yang amat kita butuhkan. 

Akhir kata, Mungkin hanya ini yang dapat saya sampaikan. Segala kekurangan berasal dari dalam diri saya sendiri dan segala kebaikan bersumber pada Allah yang Maha Mengetahui lagi Maha Agung. Semoga sedikit ilmu yang telah saya sampakan dapat bermanfaat. Mohon maaf atas kekurangannya dan terima kasih atas segala perhatian dan kebaikannya. 

Wassalam Wr wb