Sabtu, 02 Februari 2019

Contoh Ceramah Singkat Tentang Hakikat Pernikahan

Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Nasihat menasihati merupakan kewajiban bagi setiap muslim atas muslim yang lainnya. Seorang muslim wajib mengingatkan saudaranya agar mengerjakan kebaikan dan menjauhi segala macam bentuk kemaksiatan.Salah satu bentuk nasihat menasihati antara sesama muslim ialah dengan menyampaikan kultum singakat atau ceramah singkat untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang dari perbuatan yang tercela.


Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, kumpulan teks ceramah, ,ceramah singkat tentang sedekah, teks ceramah agama, ceramah singkat tentang ilmu, ceramah tentang pendidikan, contoh ceramah umum, contoh teks ceramah umum  , dll.


Ceramah Yang Sering Di Cari:



Contoh Ceramahnya



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.
Hadirin Rahimakumullah
Dalam kesempatan kali ini izinkanlah saya sedikit mengulas tentang pernikahan, tentunya kita tahu bahwa pernikahan adalah salah satu momen istimewa dalam kehidupan manusia. Di dalamnya berkaitan dengan perubahan hidup manusia untuk bisa menjadi manusia yang lebih dewasa dalam penyempurnaan imannya.

Rasulullah saw. bersabda,’’Wahai para pemuda, siapa saja diantara kamu sudah mampu (lahir dan batin) untuk berkeluarga maka menikahlah. Sesungguhnya hal itu lebih memelihara pandangan mata dan memelihara kehormatan. Barang siapa yang belum mampu untuk berkeluarga, dianjurkan baginya untuk berpuasa karena hal itu akan menjadi pelindung dari segala perbuatan memperturutkan syahwat ‘’. (HR. Muttafaq A’laih)
Rasulullah saw. menyeru kepada umatnya yang telah mampu secara fisik dan mental untuk segera melangsungan pernikahan. Menikah adalah bentuk ibadah yang begitu istimewa sehingga disebut-disebut sebagai penyempurna agama. Menikah bukan hanya pertautan cinta dan janji dua manusia melainkah sebuah ikrar mahabbah kepada Allah agar hal-hal yang sebelumnya dinilai kotor berubah menjadi suci, hal-hal maksiat menjadi ibadah dan hal-hal yang dinilai dosa menjadi amal saleh.

Hadirin Rahimakumullah
Aqad nikah tidak hanya melibatkan perjanjian antara dua insan melainkan perjanjian antara mahluk dan Khaliq. Begitu sakralnya akad nikah ini sehingga Allah menyebutnya mitsaqan ghalizha atau perjanjian Allah yang berat. ‘perjanjian berat ’ ini menyiratkan sebuah pemindahan tanggung jawab dari orang tua kepada suami.
Konsekuensi dari peralihan tanggung jawab ini memberikan konsekuensi yang diantarany adalah: Pertama, pertanggung jawaban manusia untuk memberikan nafkah secukupny baik lahir maupun batin; kedua adalah tanggung jawab suami untuk menyediakan tempat tinggal yang layak bagi istri dan anak-anaknya; ketiga mendidik ahlak dan agama dengan baik dan benar terhadap istri dan anak-anaknya kelak; keempat mengayomi, melindungi kehormatan dan keselamatan istri.

Hadirin Rahimakumullah
Pernikahan yang didasari untuk menggapai Ridho-Nya dan ditujukan untuk menghasilkan anak-anak yang shaleh adalah sebuah proses kehidupan yang banyak mengundang keberkahan. Pernikahan adalah media untuk mempersatukan manusia yang keberadaannya telah digariskan untuk menjadi jodoh satu sama lain.
Berkaitan dengan jodoh, ia bukan hanya tentang siapa? Karena bukankah tentang siapa Ia telah terukir dalam suratan takdir dari sejak zaman azali? Untuk itu orang bijak mengatakan bahwa jodoh itu tentang bagaimana - Ia tentang bagaimana cara kita menjemput jodoh, apakah sesuai dengan jalan yang di ridhai-Nya atau dengan cara yang bersebrangan dengan jalan-Nya, hingga akhirnya apakah ia terhulur penuh dengan keridhoan atau penuh dengan kemurkaan?

Hadirin Rahimakumullah
Tentunya kita tahu yang baik untuk yang baik pula, maka urusan jodoh dan pernikahan adalah tentang perbaikan diri dengan tekad penuh untuk selalu berada di jalan-Nya. Untuk itu marilah kita bergegas untuk menjadi hamba Allah yang baik dengan terus memperbaiki diri. Akhir kata semoga ceramah ini bermanfaat dan dapat menginspirasi, mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan seama penceramahan berlangsung.
 Billahi Taufik Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh