Jumat, 01 Februari 2019

Contoh Ceramah Singkat Tentang Bahaya Dari Hubb Al-Dunya.

Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Nasihat menasihati merupakan kewajiban bagi setiap muslim atas muslim yang lainnya. Seorang muslim wajib mengingatkan saudaranya agar mengerjakan kebaikan dan menjauhi segala macam bentuk kemaksiatan.Salah satu bentuk nasihat menasihati antara sesama muslim ialah dengan menyampaikan kultum singakat atau ceramah singkat untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang dari perbuatan yang tercela.


Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, kumpulan teks ceramah, ,ceramah singkat tentang sedekah, teks ceramah agama, ceramah singkat tentang ilmu, ceramah tentang pendidikan, contoh ceramah umum, contoh teks ceramah umum  , dll.


Ceramah Yang Sering Di Cari:



Contoh Ceramahnya



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua 

Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin. 

Hadirin Rahimakumullah 

Pada kesempatan kali ini izinkanlah saya untuk sedikit mengulas tentang Hubb Al-Dunya. Apa itu Hubb Al-Dunya? Hari ini mungkin kita sering mendapati manusia yang menghalalkan segala cara untuk dapat meraup kekayaan dan mencapai kekuasaan tertentu. Tak lain dan tak bukan, hal ini disebabkan karena manusia terjangkit penyakit hubb al-dunya atau mencintai dunia dengan melupakan hari kemudian. Kecintaan terhadap dunia ini begitu sarat dengan hal-hal yang sifatnya mengagungkan materi seperti kekayaan, kekuasaan, popularitas, dan hal lainnya. 

Hubb Al- Dunya ini menjadi salah satu pintu setan untuk menggoda manusia agar hidupnya tergelincir dalam kubangan dosa dan berada dalam jalan kesesatan. Kecintaan terhadap dunia secara berlebihan tak jarang membuat manusia tidak dapat menggunakan daya akal dan hati nuraninya dengan benar. Hal ini tak jarang membuat matanya buta, telinganya tuli dan kesadarannya tumpul. 

Dunia yang diperjuangkan manusia dengan mati-matian tak jarang membuatnya mengabaikan nilai agama dan etika. Padahal sudah sangat jelas bahwa dunia ini hanya permainan dan senda gurau belaka. Barang kali kita harus mengingat firman Allah dalam Surat Al-Hadid ayat 20 yang artinya: 

Ketahuilah bahwa kehidupan di dunia itu hanyalah permainan dan sesuatu yang melalaikan, perhiasan dan bermegah-megahan diantara sesamamu, saling berbangga-bangga karena banyak harta dan anak, seperti hujan yang menyirami tanaman-tanaman yang mengagumkan penanamnya. Kemudian tanaman itu menjadi kering dan hancur. Dan di akhirat nanti ada yang mendapat azab yang keras dan ada yang mendapat ampunan dari keridoan Allah. Dan kehidupan di dunia ini hanyalah kesenangan yang penuh tipuan

Larangan hubb al dunya atau mencintai kehidupan dunia dengan melupakan kehidupan akhirat merupakan peringatan agar setiap orang selalu berhati-hati dan waspada karena kecintaan pada dunia sering kali menjerumuskan manusia pada jurang kehancuran ketika ia menanggalkan nilai-nilai agama dan etika. 

Hadirin Rahimakumullah 

Demikianlah sedikit ilmu tentang Hubb Al Dunya, kiranya kita bisa menjadi manusia cerdas yang tidak membiarkan kesenangan sesaat mengalahkan kesenangan yang lebih kekal. Akhir kata semoga yang telah saya sampaikan bermanfaat dan mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangannya. 

Billahi taufik walhidayah wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh.