Kamis, 17 Januari 2019

Pidato Hari Surat Perintah Sebelas Maret (Supersemar) | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji dan syukur yang kita panjatkan kehadirat Allah SWT, atas rahmat dan karunianya, dan tidak lupa shalawat serta salam kita curahkan kepada jujungan kita nabi Muhammad SAW kita dapat memperingati Hari Surat Perintah Sebelas Maret dimana hari ini merupakan hari bersejarah yang sangat penting dan mengingatkan kita kembali pada tanggal 11 maret bahwa Presiden Soekarno telah memerintahkan kepada Bapak Soeharto untuk mengambil pemerintahan sementara karena pada saat itu keamanan Indonesia sangat kacau dan genting, sehingga Surat perintah itu di buat dan juga lengser bapak Soekarno dari jabatannya sebagai presiden RI.
Saudara-saudara yang saya cintai Supersemar di buat sebagai bentuk perintah bapak Soekarno untuk melakukan pembubaran terhadap Partai Komunis Indonesia, dan menangkap beberapa menteri yang telah melakukan tindakan yang merugikan Negara dan serta mengawasi pemberitaan yang ada dimedia massa kepada Letjen Soeharto, karena PKI merupakan sebuah organisasi atau partai yang merugikan bangsa dan Negara kita yang telah membunuh para pahlawan dan pejuang kita, sehingga Surat Keputusan tersebut dibuat, dan dalam hari itu juga Soeharto menggeser kepresidenan dari Soekarno.

Saudara-saudara yang saya banggakan, Supersemar juga di peringati sebagai tonggak awal dari Orde Baru di bawah pimpinan Soeharto, dan setelah Supersemar dibuat dan di putuskan barulah PKI dan ormas-ormasnya di berantas dengan tuntas sehingga bangsa Indonesia tidak lagi mengalami kekacauan yang berkepanjangan. Dari semua yang dipaparkan bahwa kita dapat menyimpulkan bahwa Supersemar dibuat bukan hanya perintah untuk memberikan pengamanan, akan tetapi pemindahan kekuasaan pun menjadi salah satu hal yang dibuat dalam Supersemar tersebut.
Saudara-saudara yang saya banggakan itulah mengapa Supersemar dikeluarkan oleh Soekarno karena untuk memberikan pengamanan bagi bangsa Indonesia dan kita juga tahu tentang apa sebenarnya yang di tulisakan didalam Surat Perintah tersebut sebagai surat keputusan dari presiden kita Soekarno yang telah diambil alih oleh Bapak Soeharto.

Demikianlah uraian pidato yang dapat saya sampaikan untuk kalian semua dalam memperingati hari penting ini, sebagai Hari Surat Perintah Sebelas Maret yang jatuh setiap tanggal 11 maret, semoga pidato yang saya berikan bermanfaat dan bisa dijadikan sebagai bentuk pemahaman kita tentang suatu peristiwa yang sangat bersejarah ini, dan dengan hal tersebut kita memiliki semangat yang tinggi karena bangsa yang maju sudah tentu memiliki para pemuda yang memiliki sikap yang positif dan semangat dalam memajukan Tanah Airnya. Atas perhatiannya, saya ucapakan banyak terima kasih dan apabila ada salah-salah kata dalam meyampaikan pidato ini, mohon dimaaf kan.
Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh.