Rabu, 16 Januari 2019

Pidato Hari Peringatan Serangan Umum di Yogyakarta | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pada hadirin yang saya cintai, pada kesempatan kali ini izinkan saya menyampaikan sebuah pidato yang berkenaan dengan Hari Peringatan Serangan Umum di Yogyakarta yang jatuh pada tanggal 1 Maret ini, sebelum itu pertama-tama marilah kita panjatkan puja dan puji syukur kehadirat Allah SWT yang telah melimpahkan segala rahmat dan hidayahnya serta kita bisa diberi nikmat sehat wal afi’at untuk bisa berkumpul dalam memperingati hari yang sangat penting ini dan memiliki cerita sejarah yang sangat kuat tentang kegagahan dan kegigihan para pejuang dalam membela dan mengusir para penjajah di RI ini.
 Saudara-saudara yang saya banggakan,
Tepat pada tanggal 1 Maret ini kita memperingati Serangan Umun di Yogyakarta, karena pada waktu itu tentara Indonesia menyerang secara gerilya di Yogyakarta yang telah dikuasai belanda, dan hal ini juga membuat citra Indonesia kembali, karena pemerintah belanda telah mempublikasikan bahwa para Tentara Nasional Indonesia telah bubar, dengan hal itulah para pejuang Indonesia melakukan serangan bukan hanya itu saja mengapa tentara kita menyerang, namun presiden Soekarno juga di tahan dan hal itu membangkitkan semangat untuk memperjuangkan Negara kita ini yang di rebut oleh belanda, dengan adanya serangan ini menunjukan bahwa negara ini masih tetap ada sampai saat ini dan membuat Negara sekutu seperti belanda kocar kacir dan mundur, karena kegigihan para pejuang Indonesia yang telah di pimpin oleh mantan Presiden kita juga Letkol Soeharto, Kolonel A.H Nasution dan Jenderal Soedirman dan banyak sekali para pejuang RI, tentara serta polisi gugur dalam penyerangan besar-besaran itu, namun hal itu membuahkan hasil yang besar sehingga dapat memukul musuh kita Belanda .

Serangan Umum 1 Maret 1949 di Yogyakarta mengingatkan kita betapa mulianya para pahlawan Indonesia yang membela dan mempertahankan Negara kita dari para penjajah dengan memiliki jiwa nasionalisme yang gigih dan berani. Jasa mereka tak terkira karena mereka rela berkorban demi harta benda, nyawa, dan keluarga untuk membuat Negara kita ini merdeka, namun saat ini kita lihat bahwa para pemuda Indonesia tingkat semangat menurun dan melemah, jika di biarkan maka pengorbanan para pahlawan akan menjadi sia-sia, dengan peringatan ini merupakan salah satu tindakan atau upaya membuat para pemuda atau genrasi penerus bangsa bisa memiliki semangat yang gigih dalam melakukan hal yang positif dalam menerusakan perjuangan mereka dengan menggapai cita-cita mereka setingi-setingginya. Karena “Negara yang besar adalah Negara yang selalu mengenang jasa pahlawan mereka”
Demikianlah pidato yang dapat saya sampaikan, jika ada kata-kata yang menyinggung kiranya dapat di maafkan, atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.