Jumat, 04 Januari 2019

Contoh Pidato tentang Makanan Siap Saji | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

   
 
 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang pertama, marilah kita ucapkan puji beserta syukur atas kehadiran Allah SWT yg salah satunya telah memberikan kita kesempatan untuk berkumpul di tempat yang kita cintai ini.
Shalawat berangkaikan salam tidak bosan – bosannya kita hadiahkan kepada roh junjungan alam yakni nabi besar Muhammad SAW.

Yang saya hormati Bapak / Ibu Guru
Dan teman – teman yang saya sayangi

Baiklah untuk menghemat waktu, langsung saja judul Pidato saya pada kesemptan kali ini adalah tentang Makanan Siap Saji.

Makanan cepat saji merupakan jenis makanan yang dapat disajikan dan disiapkan dalam waktu yang relatif singkat. Biasanya makanan - makanan ini tersedia di tempat atau restoran mewah, misalnya saja Pizza Hut, KFC, McDonald, dan lain-lain. Masyarakat kini cenderung lebih suka mengkonsumsi makanan cepat saji seperti ini, mungkin karena penyajiannya yang cepat sehingga tidak perlu membuang – buang waktu, salin itu mungkin juga karena jaman sekarang mayoritas masyarakat sudah mulai malas memasak. Apalagi dengan sekarang sudah tersedia yang namanya delivery atau biasa disebut juga dengan layanan cepat antar, sehingga tanpa pergi kemana-mana makanan sudah bisa tersedia. Makanan cepat saji dapat dikatakan enek disebagian lidah masyarakat, dan beberapa juga ada yang harganya terjangkau. Namun bahan kimia yang ada didalam makanan cepat saji itu tidak bisa dipungkiri lagi, misalnya saja seperti zat adiktif. 

Kita ambil contoh makanan cepat saji yang bernama Chicken Nugget, makanan ini memang sangat popular di kalangan anak-anak karena, makanan ayam tanpa tulang ini cukup menarik dan juga cukup lezat, Namun terbukti bahwa pada tahun 2003 bahan yang terkandung di dalam chicken nugget adalah 50% bukan merupakan daging ayam asli tetapi komposisi bahan sintetis, agen leavening, jagung, gula, dan turunannya. Contoh lainnya adalah Burger, para ahli menyatakan bahwa makanan ini merupakan makanan yang tidak sehat, itu karena Burger pada proses pembuatan dagingnya menggunakan kontaminasi paparan. Kontaminasi paparan ini memiliki risiko yang tinggi, sebab secara otomatis dapat mempengaruhi otak dimana manusia akan merasa tidak memiliki energi sehingga menjadi malas untuk melakukan kegiatan apapun. Makanan burger ini juga dapat mengembangkan atau memicu obesitas dan penyakit jantung. Contoh selanjutnya adalah soda kaleng, bahan-bahan yang terkandung di dalam soda cukup berbahaya. misalnya Gula Pops, bahan ini merupakan salah satu jenis bahan utama yang ditemukan di sebagian besar soda. Bahan ini dapat memicu atau menimbulkan penyakit jangka panjang. Selanjutnya Asam Fosfat yang dapat membatasi penyerapan kalsium, dan mungkin dapat menyebabkan osteoporosis. Ada lagi Aspartam, jika sering mengkonsumsi bahan ini kemungkinan besar dapat menimbulkan gangguan emosi, tumor otak, dan sindrom metabolik.

Maka dari itu, untuk mejaga kesehatan marilh kita kurangi mengkonsumsi makanan cepat saji, karena kita juga harus meningkatkan mengkonsumsi sayuran dan buah - buahan serta vitamin. Beberapa vitamin diduga mengandung zat antikarsinogen diantaranya adalah vitamin A, C, E yang banyak terkandung dalam sayuran dan juga buah - buahan, brokoli yang mengandung asam folat, bayam dan asparagus yang mengandung betakaroten, Vitamin B3, vitamin D dalam bentuk aktif terdapat pada susu, mentega, kuning telur, ikan, beras dan hati. Tentang zat aditif tersebut Kita juga harus memberi pengertian pada keluarga, mengawasi, mengontrol pemberian dan penggunaan uang jajan, dan membiasakan membawa bekal makanan yang sehat dari rumah.

Demikianlah pidato singkat dari saya, mohon maaf apabila ada kesalahan Wassalamu’alaikum Wr Wb.
 
|