Minggu, 06 Januari 2019

Contoh Pidato tentang Bahaya Merokok | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

   
 
 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama marilah kita selalu dan senantisa bersyukur atas kehadiran Allah SWT yang mana hingga saat ini kita masih diberinya rahmat kesehatan dan juga keselamatan untuk berkumpul ditetmpat yang sederhana ini.

Kemudian shalawat berangkaikan salam tidak bosannya kita hadiahkan kepada roh nabi kita Muhammad SAW. Semoga nantinya kita akan mendapatkan safaatnya di yaumul akhir nanti

Yang terhormat bapak / ibu..
Juga yang saya hormati para hadirin sekalian..

Sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih kepada MC yang telah memberi saya kesempatan untuk menyampaikan pidato singkat saya.

Baiklah unuk mempersingkat waktu maka akan langsung saya memasuki judul pidato saya yaitu tentang Bahaya Merokok.

Hadirin sekalian yang saya hormati,
Bukanlah menjadi suatu rahasia umum lagi dan juga sudah tidak bisa dupungkiri lagi kalau dalam dikalangan para perokok sebetulnya sudah banyak yang mengetahui ataupu merasakan dampak yang ditobulkan dari bahaya merokok tersebut, akan tetapi mereka seolah – olah menutup mata dengan melontarkan berbagai bermacam alasan, Padahal, asap rokok secara ilmiah sudah terbukti jelas dapat menyebabkan setidaknya 25 macam jenis penyakit. Artinya, saat berbagai Negara didunia termasuk negara – Negara berkembang memperketat peraturan masalah rokok yang bertujuan untuk melindungi kesehatan rakyatnya, Akan tetapi Indonesia justru malah menjadi surga bagi para industri rokok.

Para hadirin sekalian yang saya hormati,
Meskipun sudah banyak para pemerintah daerah yang dikeluarkan dan juga sudah banyak peraturan dan larangan yang telah diberlakukan, misalnya saja tentang “Larangan Merokok Ditempat - tmpat Umum”, Namun tidak sedikit pula ataupun banyak para perokok yang tidak mentaati peraturan yang telah berlaku tersebut, oleh sebab itu, kita sebagai seorang warga negara yang baik dan juga peduli akan pentignnya kesehatan, marilah kita bersama wujudkan hidup sehat tanpa asap rokok diawali dari diri kita masing – masing.

Para hadirin yang berbahagia
Jika kita berbicara masalah dampak yang ditimbulkan dari asap rokok yang terhirup oleh orang -orang yang ada disekitar kita, marilah kita lihat bagaimana hasil penelitian yang telah dilakukan oleh EPA. Pertama nasib kaum ibu memiliki suami seorang perokok sepertinya tidak berbeda jauh dengan anak-anak yang memiliki keluarga perokok. Penelitian yang telah dilakukan EPA menghasilkan kesimpulan bahwasanya dari 40wanita, 33 di antaranya berisiko tinggi terserang penyakit berbahaya, yaitu kanker paru-paru apabila suaminya perokok. Oleh karena itu, apabila kita menyayangi orang-orang yang ada disekitar kita, dengan kesadaran dari diri sendiri, marilah kita buat peraturan-peraturan yang kita buat sendiri untuk diri kita sendiri dan untuk orang-orang yang berada disekitar kita yang betujuan agar terbebas dari dampak yang diakibatkan oleh diri kita sendiri.

rekan-rekan sekalian yang berbahagia
Salah satu proses yang memang belum berdampak pada penampilan fisik perokok adalah gangguan pada sistem sirkulasi darah, yang pada akhirnya akan memicu penyakit jantung. hal ini disebabkan oleh di dalam rokok ada terdapat beberapa bahan kimia. Di antaranya adalah acrolein, merupakan jenis zat cair yang tidak memiliki rwarna, seperti aldehyde. Zat ini sedikit banyaknya ada mengandung kadar alkohol. Artinya, acrolein ini adalah alkohol yang cairannya telah diambil. Cairan ini sangat mengganggu kesehatan.

Rekan-rekan sekalian yang saya hormati
Karena kita dibatasi oeh waktu yang singkat ini maka akan saya tutup pidato saya sampai disini. Mohon maaf apa bila ada kesalahan. Wassalamu’alaikum Wr Wb.
 
|