Jumat, 11 Januari 2019

Contoh Pidato Tentang Ayah | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama2 marilah kita panjatkan puji beserta rasa syukur kita ke hadirat Allah SWT yang telah memberi kita nikmatnya yang selalu tak terhingga. Misalnya saja seperti nikmat keselamatan, kesehatan keimanan dan lain sebagainya yang tak bisa kita ungkapkan satu persatu.
Setelah itu marilah kita bershalawat untuk roh junjungan alam yakni nabi kita Muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman jahiliah menuju zaman yang penuh dengan kecanggihan teknologi seperto sekarang ini. Semoga dengan selalunya kita bershalawat kita akan mendapatkan safaatnya di hari pembalasan kelak. amiin.
Baiklah saya tidak akan lagi memperpanjang mukodimah, langsung saja kita masuki judul pidato kita yaitu Jasa Seorang Ayah
Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Allah
Ayah adalah orang yang sangat berjasa untuk merawat kita mulai dari kita lahir hingga sekarang ini, beliau rela bekerja dari pagi hingga petang, itu hanya untuk kita. Beliau adalah sosok lelaki yang patut untuk dikagumi baik itu sikapnya, sifat, dan perbuatannya. Beliau mempunyai tanggung jawab paling besar untuk menjaga keutuhan keluarga dan kasih sayang yang diberikannya tidak perlu diragukan lagi.
Seperti kata orang – orang ibu mempunyai kasih sayang yang sangat pada seorang anak dikarenakan dialah yang melahirkan dan mengasuh anak. Akan tetapu kasih sayang seorang ayah mungkin bisa jauh lebih besar. Fitrah seorang ayah yang tak bisa seperti ibu yang bisa melahirkan, membuat kasih sayang seorang ayah akan lebih besar dan juga lbih dalam. Karena ada masanya seorang ayah iri melihat anak – anaknya lebih dekat kepada ibunya. Da oleh sebab itu Ayah akan selalu berusaha semaksimal mungkin untuk memenuhi permintaan keluarganya dan terutama anaknya.
Hadirin sekalian yang dirahmati oleh Alah SWT

Pada dasarnya sifat seorang ayah adalah mengayomi, bertanggung jawab dan selalu berusaha untuk membuat anggota keluarganya senang dan bahagia. Sebuah pengetahuan, Pendidikan atapun pendapatan yang rendah tidak akan mengurangi sifat alami seorang ayak tersebut. Mungkin ayah pernah marah ataupun memukul anak – anaknya, tapi percayalah bahwa hal tersebut merupakan bentuk dari kasih sayangnya. Sosok Ayah berharap kelak anak - anaknya menjadi seorang manusia yang tidak mudah menyerah dan tidak rapuh, tidak nakal/menyalahi aturan, bertanggung jawab, kuat dan menjadi seorang manusia yang mandiri dalam menjalani kehidupan yang panjang dan penuh dengan berbagai liku. Proses tersebut sangat membutuhkan banyak bekal dan diantaranya adalah sifat – sifat yang diajarkan oleh ayah sewaktu masih kecil dengan memukul, memarahi atau memberi kasih sayang. Untuk menjalani liku – liku kehidupan ini tidaklah semudah dalam bayangan seperti cerita dalam dongeng/cerita peri, bim salabim langsung jadi. Semua pekerjaan dan juga pilihan hidup membutuhkan keyakinan serta usaha. Hal seperti itulah yang selalu diajarkan ayah pada anak – anaknya.

Apakah kita masih merasa bahwa ayah itu jahat tidak sayang kepada kita atau apalah itu. Saya rasa tidak pantas kita sebagai seorang anak berfikir seperti itu.
Sepertinya sampai disinilah yang bisa saya sampaikan pada pidato kali ini. Semoga kita selalu menjadi anak yang berbakti kepada kedua orang tua. Terima kasih dan mohon maaf atas segala keselahan dan kekurangan.
Wassalam Wr WB