Sabtu, 12 Januari 2019

Contoh Pidato Tentang Anak Shaleh | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang terhormat Bapak / ibu hadirin semua
Dan yang saya banggakan anak – anak penerus bangsa
Pengawal kata marilah kita mengucapkan syukur berkat rahmat berupa keselamatan, kesehatan dan yang teroenting adalah keimanan. Sehingga dari itu kita bisa berkumpul bersama – sama di tempat yang kita cintai ini.
 Setelah itu tidak lupa pula shalawat berangkaikan salam kita hadiahkan kepad roh nabi sepanjang masa yak ni nabi Muhammad SAW. Semoga dengan semakin banyaknya kita bershalawat kepada beliau kita akan medapatkan syafaatnya di hari pembalasan kelak. Amin
Baiklah dengan mengingat waktu langsung saja saya masuki judul pudato saya yaitu tentang ciri – ciri anak shaleh / shalehah :
Anak shaleh / shalehah adaah seorang yang senantiasa selalu menjalankan perintah dari Allah SWT dan senantiasa selalu berbakti kepadaorang tua. Nah berikut ini adalah beberapa ciri – ciri anak shaleh / shalehah tersebut.

  1. Cinta kepada Allah SWT dengan tanpa ada menyekutukannya dengan apapun dan juga tidak beribadah ataupun menyembah kepada selainNya seperti misalnya beribadah / menyembah kepada, Matahari, Sapi, Nyi Roro Kidul, Kerbau, Dewa-Dewi, Batu, Kuburan orang sholeh, Pohon-pohon besar, patung dan sejenisnya.
  2. Mencintai nabi Muhammad SAW sebagai Nabi utusan dari Allah SWT dengan mematuhi apa – apa perintahnya serta menjauhi apa yang dilarangnya, dan juga percaya dengan segala risalah yang dibawanya yaitu hadits atau As-Sunnah.
  3. Cinta kepada kitab yaang diturukan kepada nabi Muhammad SAW yaitu Al-Qur’an, yaitu dengan selalu membacanya, kemudian senantiasa selalu muroja’ah berusaha untuk menghafalnya karena orang – orang yang menjaganya akan mendapat syafaat kelak di hari kiamat.
  4. Mecintai para shahabat – sahabat Rasulullah SAW yang telah turut untuk membela serta memperjuangkan agama Islam disisi Rasulullah SAW dengan tanpa ada membenci mereka apalagi mencaci mereka.
  5. Cinta kepada para keluarga Rasulullah SAW yang turut ikut berjuang bersama Rasulullah SAW dalam menyebarkan agama Islam ke seluruh negeri dan juga cinta kepada orang – orang yang selalu mengikuti jalan yang ditunjuk oleh Rasulullah SAW.
  6. Mencintai Sholat lima waktu dengan tanpa ada sekalipun meninggalkannya serta selalau melaksanakan sholat - shalat sunnah, Berjama’ah di Masjid bagi anak laki – laki dan shalat tepat waktu dirumah bagi anak perempuan
  7. Cinta masjid, karena masjid merupakan rumah Allah SWT dengan tidak membuat onar ataupun keributan di dalamnya serta tidak bercanda ataupun tertawa ketika sedang sholat karena cinta mereka kepada Allah SWT dan menghargai rumah Allah SWT.
  8. Mencintai kedua orang tua, dengan selalu mematuhi segala perintahnya, tidak membuat mereka sakit hati, selalu berbuat baik kepada mereka, dan selalu berusaha untuk menyenangkan hati kedua orang tua dan tidak mau bandel apalagi menyusahkan keduanya.
  9. Cinta kepada saudara, adik-kakak, paman-bibi, kakek-nenek, tetangga dan kepada seluruh kaum muslimin yang ada di seluruh dunia.
  10. Cinta dan sayang kepada para fakir miskin, anak yatim, anak terlantar, dengan memberikan bantuan sesuai dengan ia bisa dan sesuai dengan yang diperlukanSemoga adik-adik bisa mengambil
Nah seperti yang saya jelaskan diatas, saya berharap kita semua menjadi anak yang soleh / shlaheh seperti yang sudah saya jelaskan tersebut. Mungkin sampai disini dulu penyampaian saya hari ini. Terima kasih dan mohon maaf atas segala kekurangan dan juga kesalahan.Wassalam Wr Wb