Selasa, 22 Januari 2019

Contoh Pidato Tanggung Jawab Seorang Suami | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bapak-bapak serta para hadirin sekalian yang dimuliakan oleh Allah!
Kewajiban Suami Terhadap Istri
1. Membayar Maskawin
Membayar maskawin atau mahar bukanlah syarat wajib dari suatu perkawinan , namun mahar atau maskawin merupakan kewajiban yang harus diberikan kepada istrinya . Hal ini dijelaskan dalam QS.An- Nisa ayat 4 :
Kewajiban Suami
a.Adzan
b.Akhlak Tercela
c.Akhlakul Karimah
Dari penjelasan di atas , seorang laki – laki wajib mengeluarkan maskawin atau memberi mahar kepada isrinya dengan penuh kerelaan . Artinya , mahar yang dikeluarkan tidak ada paksaan atau keterpaksaan .
2. Meberi nafkah
Nafkah merupakan kewajiban seorang laki – laki , baik suami terhadap istrinya , ayah kepada anknya ataupun tuan terhadap budaknya . Memberi nafkah meliputi pakaian , makanan dan tempat tinggal .
Jadi , memberi nafkah adalah suatu kewajiban suami terhadap istrinya .
3. Menggauli istrinya dengan baik
Yang dimaksud dengan menggauli istrinya dengan baik yaitu seorang suami menggauli istrinya dengan penuh kasih sayang , tidak kasar , tidak zalim dan pengertian .
4. Memberikan pengertian dan mengajarkan ilmu agama terhadap istrinya
Seorang suami wajib untuk memberikan pengertian terhadap istrinya . Serta seorang suami wajib mengajarkan ilmu-ilmu agama kepada istrinya .
5. Menjaga istrinya dengan baik
Seorang suami juga wajib menjaga istrinya dengan baik dari hal – hal yang membahayakannya . Serta harus menjaga kehormatan istrinya .
6. Mendidik istri ketika melenceng dari jalan yang Allah swt tentukan
Ketika seorang istri melanggar aturan agama , atau bertingkah laku yang melenceng dari syariat . Maka suami wajib mengingatkan dan menuntunnya supaya kembali ke jalan yang benr . Bukan malah tambah di jerumuskan , atau bahkan di tinggalkan supaya sang suami lepas tanggung jawab .
7. Tidak membuka aib istri
Seorang laki – laki yang telah menjadi seorang suami , maka hedaknya tidak membeberkan aib istriya kepada siapapun walaupun itu kepadaorang tuanya . Karena ketika dua orang insan yang telah berkeluarga atau telah terjalin tali pernikahan , maka ke duanya harus saling dapat menutup rahasia dan menerima satu sama lain baik itu suami atau istri .
9. Tidak menganiyaya istri
Seorang suami , tidak boleh melakukan kekerasan kepada istrinya . Karena seorang wanita adalah mahluk yang sangat lebut . Apabila seorang istri melakukan sebuah kesalahan , jika masih bisa dibicarakan baik – baik maka ingatkan dia dan gunakan perlakuan yang penuh kasih sayang .Jangan malah menganiyaya dia tanpa ada alasan yang jelas , apalagi menganiyaya untuk meluapkan amarah.
Demikianlah yang dapat saya sampaikan tentang kewajiban suami. Wasalamualaikum wr.wb