Selasa, 01 Januari 2019

Contoh Pidato Singkat Hari Pahlawan (Hero’s Day)

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.

Teks Naskah Pidato. Berpidato merupakan salah satu wujud kegiatan berbahasa lisan. Oleh sebab itu, berpidato memerlukan dan mementingkan ekspresi gagasan dan penalaran dengan menggunakan bahasa lisan yang didukung oleh aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, kontak pandang, dan intonasi suara.


PENGERTIAN PIDATO,KHOTBAH, DAN SAMBUTAN. Pidato adalah suatu ucapan dengan susunan yang baik untuk disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. 


Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.


Baca Juga:



Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.


Contoh Pidato




Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Selamat pagi bapak ibu dan juga teman-teman yang saya cintai. Terima kasih atas waktu dan kesempatan yang telah diberikan kepada saya pada pagi hari ini untuk berbicara tentang hari pahlawan-pahlawan bangsa Indonesia. Pertama-tama saya ingin mengucap syukur kepada Tuhan Yang Maha Esa atas rahmat karunia yang diberikan kepada kita semua sehingga kita dapat kembali berkumpul bersama dalam keadaan sehat.

Sosok seorang pahlawan adalah mereka yang dengan giat memperjuangkan hak-hak bangsa dan berusaha dengan sangat keras untuk mengabdi pada bangsa Indonesia hingga menjadi sebuah bangsa yang makmur dan sejahtera. Pahlawan adalah sosok yang harus di hormati. Keberadaan mereka sangat berarti. Indonesia adalah sebuah negera yang sangat kaya akan sejarah. Jika kita mengingat lagi, banyak sekali sosok pahlawan yang telah mencurahkan tenaga dan pikirannya agar kita merasakan sebuah kemerdekaan.

Tanpa perjuangan pahlawan kita mungkin masih hidup dengan penderitaan. Kemerdekaan itu diperoleh berkat perjuangan pahlawan bangsa. Marilah kita semua mengenang para pahlawan bangsa ini. Dan marilah kita cerminkan bentuk rasa hormat dan terimakasih kita kepada para pahlawan dengan memberikan sesuatu yang berguna untuk bangsa tercinta ini. Oleh karena itu, setiap 10 November, Indonesia akan memperingati hari pahlawan. Itu semua dimaksudkan agar kita tidak lupa akan perjuangan para pahlawan kita. Tugas kita adalah menghargai jasa-jasa pahlawan yang telah gugur dan mengisi kemerdekaan dengan baik. Kita harus mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif dan membanggakan.

Bapak ibu dan juga teman-teman yang saya cintai, dahulu kala pahlawan bangsa berusaha keras untuk memperjuangkan kemerdekaan Indonesia. Mereka mengorbankan jiwa dan raga nya agar bangsa Indonesia menjadi bangsa yang bebas dan tidak lagi dijajah oleh bangsa-bangsa lainnya. Mereka berjuang siang dan malam, berperang dengan Negara colonial hingga nyawa mereka melayang. Mereka berjuang bersama tanpa pilih kasih. Mereka berjuang demi masa depan yang lebih baik. Kita semua dapat berkumpul pada hari ini pun berkat jasa-jasa para pahlawan kita. Sudah sepatut nya kita berterima kasih atas jasa-jasa pahlawan.

Bicara sosok pahlawan, sebenarnya banyak sekali dari mereka yang bisa dianggap sebagai pahlawan. Sebenarnya seorang pahlawan itu bukan hanya mereka yang memperjuangkan hak-hak bangsa selama masa penjajahan. Masih banyak sosok pahlawan lainnya yang terkadang kita lupakan dengan begitu saja. Guru, adalah sosok pahlawan tanpa tanda jasa. Berkat bimbingan guru guru lah kita dapat tumbuh besar dengan bekal ilmu dan kepribadian yang lebih baik. Tanpa bimbingan mereka, hampir tidak mungkin kita bisa tumbuh dewasa dan siap untuk menghadapi kehidupan. Marilah kita semua juga senantiasa mengenang jasa-jasa para guru kita. Mereka-merka itu telah mencurahkan segenap kemampuannya untuk membantu kita menjadi pribadi yang siap untuk mengaharungi kehidupan.
Bangsa yang hebat, yang tidak pernah melupakan sejarah masa lalunya. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk merenungkan dan mamaknai peringatan hari pahlawan. Tentunya, sesuai dengan kapasitas kita sebagai pelajar. Nasionalisme dan patriotism harus kita wujudkan dalam rajin belajar, dengan melawan rasa malas dan sesuatu yang tidak bermanfaat. Kita tidak boleh hanya bermalas-malasan karena pada zaman dahulu, semua pahlawan berjuang agar kita semua bisa merasakan pendidikan.

Kita sebagai generasi muda harus meneruskan cita-cita para pahlawan untuk memajukan bangsa Indonesia. Demikian yang dapat saya sampaikan. Semoga bermanfaat bagi kita semua, mohon maaf bila ada kata-kata yang kurang berkenan. Terima kasih atas perhatianya.