Senin, 07 Januari 2019

Contoh Pidato Perpisahan Rekan Kerja | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

    
 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama marilah bersama – sama mengucap syukur atas limpahan karunia yang telah Allah SWT berikan kepada kita sehingganya hingga saat ini kita msaih bisa dan mampu untuk datang dalam acara pertemuan kita yang terakhir.
 Selanjutnya shalawat serta berangkaikan salam tidak bosan – bosannya kita hadiahkan kepada roh junjungan alam yakni nabi besar muhammad SAW yang telah membawa kita dari zaman kebodohan menuju zaman yang canggih seperti sekarang ini.
sebelumnya saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak (pimpinan), selaku pimpinan direksi yang telah berseida menyetujui surat pengunduran diri saya yang telah saya ajukan pada beberapa hari yang lalu. Meskipun mungkin, hal tersebut merupakan suatu hal yang berat bagi perusahaan, maka begitu pulalah untuk saya pribadi.
Keinginan saya untuk mundur tersebut sebenarnya bukanlah karena dipicu ketidak nyamanan saya bekerja di kantor ini atau pun masalah besaran gaji. Harus saya akui bahwa perusahaan ini merupakan salah satu perusahaan terbaik dan ternyaman sepanjang pengalaman saya pernah bekerja di berbagai perusahaan.
Namun, idealisme saya telah menyatakan lain. Cita – cita ingin menjadi seorang pengusaha yang memiliki usaha sendiri masih kuat di dalam diri saya. Sehingga setelah berpikir panjang dan secara matang, saya telah memutuskan untuk mencoba memulai langkah kecil merancang usaha saya sendiri. Tentu tidak lucu,b jika saya masih bergabung dalam perusahaan ini sementara saya juga sibuk berbisnis sendiri.

Kemudian, saya juga juga tidak lupa untuk mengucapkan banyak terima kasih kepada seluruh rekan – rakan atas kerja sama selama ini. Mungkin divisi logistik tidak akan sebesar ini tanpa kerja keras, pengorbanan dan ide - ide brilian dari rekan - rekan semua. Saya banyak mendapatkan ilmu di tempat ini dan semoga ilmu tersebut dapat saya gunakan saat saya mempunyai usaha sendiri. Sekali lagi saya ucapkan terima kasih terutama di perpisahan kita kali ini.
Tidak terasa sudah lima tahun saya bekerja di perusahaan ini, untuk itu saya berharap kika dapat meneruskan dan tetap menjaga komunikasi baik yang selama ini sudah kita jalin, jangan pernah berhenti bekerja sama hanya karena alasan kita telah berpisah. Saya masih membutuhkan sumbangan ilmu dan ide - ide dari rekan-rekan semua. Saya juga memohon doa restu agar usaha yang akan saya rancang bisa sukses ke depannya
Demikianlah yang dapat saya sampaikan terima kasih atas perhatian rekan – rekan sekalian, semoga kedepannya perusahan ini akan menjadi perusahan yang jauh lebih baik dan menghasilkan sumber daya manusia yang semakin berkualitas. Aamiin aamiin aamiin yarobbal alamin. Selain itu semoga kita masih bisa bertemu ditempat lain dalam keadaan sehat wal’afiat, dan semoga kita semua selalu dalam lindungan Allah SWT.
Wassalamu’alaikum Wr Wb
 
|