Minggu, 06 Januari 2019

Contoh Pidato Pentingnya Pembentukan Karakter dengan Kedisiplinan dan Kejujuran | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

    
 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama - tama dan yang paling utama marilah kita senantiasa memanjatkan puji beserta syukur kita kepada Tuhan Yang Maha Esa, karena berkat ridho, kesempatan, esehatan, keimanan yang Ia berikanlah kita dapat berkumpul ditempat yang sederhana namun kita cintai ini.
Shlawat berangkaikan salam tidak pernah bosan - bosannya kita hadiahkan kepada roh junjungan alam yakni nabi besar Muhammad SAW semoga di kita mendapat safaatnya di akhirat besok.

Sangat banyak sekali orang - orng yang mengatakan bahwa intelektualitaslah yang membuat seorang menjadi seorang ilmuan yang hebat. Mereka yang beranggapan seperti itu salah, karena sesungguhnya yang membumerupakan suatu hal yang akan membuat kita menjadi seorang pribadi yang memiliki nilai plus "tambah". salah satu hal yang perlu diingat, bahwasanya sebuah karakter itu tidaklah bisa kalau yang namanya diwariskan, diukar apalagi dibeli. Karakter tersebut mestilah harus di kembangkan dan di bangun dari dalam diri kita pribadi "masing-masing".

Krisis ekonomi bukanlah satu - satunya hal yang melanda negara indonesia tetapi kejujuran dan kedisiplinan juga masuk kedalam hal - hal yang krisis di nergi indonesia ini. Salah satu hal utama bagi seseorang untuk mencapai suatu kesuksesan, itulah yang disebut dengan kedisiplinan. Disiplin memang hanya sebuah kata yang sangat sederhana, namun dalam penerapannya di kehidupan sehari - hari sangatlah sulit. Coba sejenak kita membayangkan apabia sistem yang bekerja didalam tubuh kita tidak bekerja dengan dsiplin. rasanya sulit membayangkan apa yang akan terjadi selanjutnya bukan "berantakan pastinya". 

Berikut tujuan pemerintah membuat pendidikan yang bekarakter :
1. Mebiasakan kebiasaan yang sesuai dengan budaya bangsa indonesia dan juga religius
2. Agar nila - niai Pancasila menjadi dasar karakter.
3. Agar jiwa jiwa yang tanggung dan kepemimpinan tertanam ddalam jiwa para penerus bangsa "generasi bansa".
4. Menjadi seorang putra bangsa yang kreatif, berwawasan kebansaan dan mandiri.
5. Membangus sebuah lingkungan sekolah yang penuh kreatifitas, aman, jujur dan bersahabat.

Para hadirin yang sangat saya muliakan
Dalam upaya  yang dilakuka oleh pemerintah untuk merealisasikan sebuah pendidikan karakter yang benara - benar berlangsung secara nyata "real" bukan hanya sekedar wacana, maka dibutuhkan 3 buah komponenyang mendukung upaya pemerintah ini, yaitu : Keluarga, masyarakat dan Guru di sekolah. Pendidikan karakter yang ada di sekolah tidak hanya semata-mata untuk pembelajaran pengetahuan, akan tetapi lebih dari hanya sekedar itu misalnya saja penanaman moral, estetika,nilai-nilai etika dan budi pekerti yang luhur. Namun yang terpenting adalah bagaimana penerapannya didalam kehidupan sehari-hari "kehidupan bemasyarakat".

Saya akan coba mengambil beberapa contoh perilaku siswa disekolah yang kurang baik. Misalnya saja, memalak, bertengkar, tidak memberi salam ketoka bertemu guru, membuang sampah sembarangan, mencuri, mengeluarkan kata - kata yang kurang enak didengar dan lain sebagainya. Dari beberapa contoh saya sebutkan diatas tadi, maka itu membuktikan bahwa karakter beberapa siswa yang tidak sesuai dengan nilai-nilai dalam pancasila " mungkin yang tidk sesuai lebih banyak daripada yang esuai". Apakah kita ingin dikatakan sebagai suatau bangsa yang katanya beradap dan berpendidikan tinggi namun dalam kehidupan nyatanya, moral kita justru sangat memalukan dimata bangsa - bansa lain? Pastinya kita tidak mau bukan? Kalau menurut pendapat saya bukan hanya para pengguna narkoba saja yang perlu direhabilitasi namun juga karakter bangsa yang sudah sangat semakin merosot.


Demikianlh pidato tentang Pentingnya Pembentukan Karakter dengan Kedisiplinan dan Kejujuran. teriman kasih wassalam Wr wb 
|