Senin, 21 Januari 2019

Contoh Pidato Lingkungan untuk SMP | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Assalamu’alaikum wr wb
Yang terhormat Bapak Kepala ( . . . ) serta wakil
Yang saya hormati Bapak / ibu Pengurus Komite ( . . . )
Yang saya hormati bapak ibu guru beserta staf dan karyawan ( . . . )
Dan teman – teman semua yang saya banggakan dan saya sayangi.
Marilah kita sama-sama mengucapkan puji syukur kehadirat ALLAH SWT yang sampai saat ini telah dan masih melimpahkan rahmat , taufiq , hidayah serta inayahNya kepada kita semua sehingganya kita bisa berkumpul bersama – sama disekolah yang kita cintai ini. Shalawat serta salam kita limpahkan kepada roh junjungan alam yakni nabi Muhammad SAW. Semoga kita akan mendapatkan safaatnya di har akhir kelak. amiin
Sebelumnya terlebih dahulu saya ingin mengucapkan banyak terima kasih kepada Bapak Kepala Sekolah, Bapak / ibu Pengurus Komite Sekolah, segenap guru, staf dan para karyawan serta teman – teman yang telah berkenan hadir untuk mendengarkan pidato saya tentang “Kerusakan Lingkungan Akibat Pertambangan “.

Hadirin semua yang saya muliakan..
Di zaman modern seperti saat ini manusia sangat dituntut untuk terus mengembangkan potensi yang ada didalam dirinya dari segala hal bertujuan untuk memenuhi kebutuhan dirinya. Akan tetapi modernisasi yang dilakukan oleh manusia seakan-akan membuat manusia menjadi pemeran utama perusak lingkungan.
Dalam bidang pertambangan saja, manusia sudah banyak mengambil hasil alam dan diolah untuk dijadika bahan-bahan yang berguna dan sangat dibutuhkan manusia, seperti misalnya timah, emas, kapur, minyak bumi, dan lain-lain... Sudah tentu pertambangan adalah bisnis yang sangat menguntungkan bagi beberapa orang.. Akan tetapi pertambangan tersebut telah merusak lingkungan dan merugikan seluruh penduduk bumi.
Sebagai salah satu contoh kerusakan yang diciptakan oleh manusia adalah aktifitas pertambangan timah dikawasan pantai di Pangkal Pinang yang menyebabkan 70% dari 122.000 hektar hutan bakau yang berada disana menjadi rusak dan pada akhirnya terjadi pengurangan perkembangbiakan biodata laut yang ada disana seperti misalnya udang dan kepiting serta menyebabkan kemungkinan akan terjadinya badai banjir atau abrasi.

Namun demikian manusia seolah-olah tidak peduli dengan kerusakan yang terjadi tersebut, mereka tetap terus melakukan pertambangan dengan menggunakan bahan mercury dan meninggalkan banyak lubang-lubang besar yang tanpa ada perbaikan atau ditutup kembali . Akibat penambangan emas yang mereka lakukan menyebabkan tanah-tanah menjadi rusak dan pohon-pohon rata dengan tanah.
Maka dari itu , kesadaran dan akan pentingnya menjaga lingkungan hidup sangatlah diperlukan . dalam hal ini peran pendidikan lingkungan memiliki sangatlah penting dan juga strategis dalam mempersiapkan manusia-manusia untuk memecahkan masalah-masalah lingkungan ini. Semakin tinggi pengetahuan manusia terhadap lingkungan, maka akan semakin tinggi pula kepedulian mereka terhadap permasalahan-permasalahan yang ada pada lingkungan.
Media massa juga memiliki peran yang cukup penting dalam menyebarkan pengetahuan dan informasi tentang lingkungan kepada segenap masyarakat.

Kebijakan serta penegakan hukum sangat perlu ditingkatkan karena pada kenyataanya meskipun terdapat AMDAL (Analisis Mengenai Dampak Lingkungan), kontrol terhadap pelaksanaan yang terjadi dilapangan sangat kurang sehingganya pelanggaran kerusakan lingkungan tetap terus terjadi.
Demikian yang bisa saya sampaikan , semoga bermanfaat bagi kita semua .mohon maaf atas segala kesalahan dan kekurangan dalam kata karena kekurangan adalah milik manusia dan kesempurnaan hanyalah milik ALLAH SWT.
Wabillahi taufiq wal hidayah
Wassalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh