Sabtu, 05 Januari 2019

Contoh Pidato Hari Tritura (Tri Tuntutan Rakyat) 10 Januari | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

   
 
 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
“Puji syukur saya panjatkan kehadirat Allah SWT, yang telah melimpahkan rahmat dan karunianya, sehingga pada kesempatan kali ini saya dapat menyampaikan pidato berkenaan dengan ditetapkannya Hari Tritura sebagai hari yang sangat penting dan bersejarah untuk mengenang para mahasiswa dan rakyat yang ikut berpartisipasi dalam insiden tersebut yang menuntut tiga tuntutan yang sangat penting untuk rakyat Indonesia tiga diantaranya adalah pembubaran PKI dan ormas-ormasnya, turunkan harga sembako, dan juga pembubaran kabinet dwikorya yang menjadi sebuah tuntutan yang saat itu sangat penting sehingga para mahasiswa, pelajar berdemonstrasi membela tiga tuntutan itu, maka dengan itu dikesempatan kali ini kita bersama-sama bisa berkumpul dalam mengenang inseden tersebut.
Saudara-saudara yang cintai bahwa pada saat itu ketiga tuntutan tersebut menjadi 3 faktor yang paling penting khususnya dalam penurunan harga sembako karena pada hari itu Indonesia mengalami kesulitan atau mengalami penurunan ekonomi sehingga para mahasiswa, pelajar dan rakyat ikut turut berpartisipasi dalam penurunan tentang harga sembako yang tiba-tiba melonjak naik dan mereka berdemonstrasi selama beberapa hari dimana waktu itu dipimpin oleh KAMI (Kesatuan Aksi Mahasiswa Indonesia) dan semangat mereka benar-benar berkobar demi memperjuangkan tanah air Indonesia menjadi satu agar harga yang naik menjadi turun, kemudian disertai dengan pembubaran PKI dan perombakan kabinet Dwikora dan juga dari inseden tersebut banyak sekali mahasiswa yang gugur dalam aksi memperjuangkan 3 tuntutan tersebut, maka hal ini menjadi hal yang sangat penting untuk kita sebagai masyarakat indonesia, karena dengan insiden tersebut berpengaruh pada kemajuan Indonesia.

Namun memang benar sekali menurunkan harga bukanlah hal yang mudah, apalagi untuk menambah subsidi Negara agar tidak ketinggalan oleh Negara lain, namun sebagai pemerintah harus memiliki cara agar rakyat yang tidak di rugikan, karena pada kenyataannya, banyak sekali para pemerintah yang korupsi dan rakyat yang menjadi tumbal, seharusnya marilah kita bersama-sama untuk mewujudkan masyarakat yang makmur, damai dan bermartabat tinggi. Dan kita juga harus memerangi para koruptor agar rakyat kecil tidak menderita lagi.
Ya, hari tritura ini mengingatkan kita untuk selalu bersama dalam mempertahankan gotong royong dan persatuan guna mengatasi masalah yang ada ditanah air dari ancaman G/30/S/PKI dan khususnya juga untuk mengatasi masalah ekonomi yang terjadi pada saat itu dimana Indonesia mengalami krisis ekonomi yang sangat tajam sehingga para pelajar dan mahasiswa bersatu, untuk itu kita sebagai para pemuda Indonesia harus memiliki semangat yang tinggi untuk mensukseskan Indonesia maju seperti yang dimiliki oleh para mahasiswa yang ikut dalam Tritura tersebut.

Demikianlah pidato kali ini yang bisa saya sampaikan kepada anda, semoga dengan pidato tersebut bisa berguna untuk anda, sehingga memiliki semangat yang tinggi seperti para mahasiswa dan pelajar yang ikut berdemonstarasi guna mengedapankan Indonesia maju. Kurang lebihnya saya mohon maaf, dan atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih.
Nah itu tadi sebuah contoh naskah pidato yang berkenanan dengan hari Tritura yang ditetapkan pada tanggal 10 januari oleh pemerintah Indonesia dan menjadi kenangan dan sejarah yang mendalam bagi warga dan bangsa Indonesia, semoga naskah yang kami berikan kepada anda dapat berguna dan bermanfaat, nah jika anda menyukainya silahkan anda mencobanya.
 
|