Selasa, 01 Januari 2019

Contoh Pidato Hari Departemen Agama RI | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

    
 
  
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Puji dan syukur yang kita panjatkan kepada Allah SWT, atas rahmat dan karunianya, kita dapat memperingati hari Departemen Agama untuk berapresiasi dalam suatu kegiatan yang mencerminkan kepedulian terhadap umat beragama di Indonesia, dan dalam peringatan ini juga kita mampu mengevaluasikan diri kita untuk meningkatkan kinerja sebagai salah satu bentuk pengabdian diri kita sebagai warga dan bangsa Indonesia yang baik. Untuk setiap peringatan hari departemen agama republik Indonesia warga Indonesia turut andil dalam suatu bentuk acara yang biasa dilakukan setiap tahunnya yaitu dengan melakukan sebuah kegiatan amal dalam membentuk rasa peduli terhadap sesama umat beragama.
Hari departemen agama diperingati setiap tahun merupakan salah satu momentum dalam suatu peneguhan komitmen seluruh jajaran dan keluarga besar departemen agama untuk saling bekerja keras, bertanggung jawab terhadap setiap tugas yang diberikan untuk memberikan kemakmuran dan kenyamanan terhadap umat beragama yang ada di Indonesia. Dan juga untuk selalu menjunjung tinggi nilai-nilai kemanusiaan yang memiliki sikap ikhlas, integritas dan profesionalitas dalam mewujudkan peraturan dan pengolahan pemerintahan yang baik di dalam lingkungan departemen agama.
Penyelenggaraan ini diharapkan mampu untuk memperkuat kebersamaan dan kekeluargaan dari seluruh jajaran dan keluarga besar dari lingkungan Departemen Agama dalam mengapresiasikan nilai-nilai juang yang telah diwariskan oleh para pendiri dari departemen agama yang telah berjuang selama ini membangun nilai-nilai yang memiliki arti yang cukup penting didalam pemerintahan departemen agama dan ini menjadi hal yang sangat penting untuk selalu diapresiasikan oleh kita sebagai salah satu warga atau jajaran yang berada dalam lingkungan departemen agama.
Dalam peringatan ini diharapkan seluruh jajaran dan aggota keluarga di lingkungan departemen agama memeproleh tambahan yang positif dan semangat yang yang tinggi dimana mampu meningkatkan perannya sebagai salah satu keluarga besar dari lingkungan Departemen Agama. Dan juga dapat memberikan kontribusi dalam mewujudkan masyarakat Indonesia yang taat beragama, rukun, mandiri serta sejahtera lahir dan batin, karena kedua hal tersebut sangatlah penting dan harus dilakukan dengan perencanaan kedepan yang fokus dan terarah serta visi dan misi yang telah diwujudkan selama ini oleh pemerintahan departemen agama.

Kemudian selama masa pemerintahan departemen tetap berdiri, seluruh warga dan bangsa Indonesia senantiasa bertanggung jawab dan melakukan suatu tindakan yang baik sebagai warga dan bangsa Indonesia karena hal itu termasuk suatu kewajiban yang penting yang haru senantiasa dilakukan yang diberikan oleh pemerintahan agama di Indonesia untuk selalu mengikuti peraturan-peraturan yang berlaku sebagai umat beragama yang baik. karena agama merupakan suatu hal yang mutlak untuk membangun karakter dari setiap individu yang baik dan selalu mencerminkan nilai-nilai integritas tinggi sebagai umat beragama di Indonesia.
Menyangkut kerukunan yang ada di Indonesia kita sebagai warga dan bangsa indonesia wajib bangga dan senantiasa menjaga kerukunan yang telah tercipta sejak dahulu, karena kerukunan umat beragama di Negara kita menjadi suatu contoh dan model untuk Negara lain, jadi kita harus mampu meningkatkan kerukunan umat beragama yang memiliki nilai tinggi dalam mendukung setiap kegiatan ataupun tindakan yang positif yang menjunjung tinggi nilai kerukunan yang ada di Indonesia. Serta kita juga harus memiliki sikap aling menghargai sehingga tercipta kehidupan yang rukun dan damai dalam lingkungan bermasyarakat di Indonesia.

Dan kita juga sebagai masayarakat yang hadir dalam peringatan ini, senantiasa mengikuti peraturan yang diberikan kepada kita dan juga selalu menjaga moral dari aparatur pemerintahan dalam beragama. Dan sebagai aparatur kita juga harus bersikap baik dan tanggung jawab dalam setiap tugas yang diberikan, Sehingga akan tercipta sikap saling menghargai yang berasal dari masyarakat dan aparatur Negara itu sendiri, sehingga pemerintahan di Indonesia akan makmur dengan sikap saling menghargai sesame umat beragama yang baik, seluruh jajaran dan aparatur Negara dalam mendukung peringatan departemen agama tahun ini.
Demikianlah uraian yang dapat saya sampaikan pada kesempatan ini, atas perhatiannya saya ucapkan banyak terima kasih, semoga dengan uraian ini memberikan banyak manfaat bagi kalian semua sebagai warga dan bangsa Indonesia yang selalu senantiasa menjaga, menghargai dan bertoleransi serta bertanggung jawab atas peraturan yang diberikan oleh pemerintahan dari departemen agama.
 
|