Selasa, 22 Januari 2019

Contoh Pidato Hari Bank Dunia Pada 1 April | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama tama mari kita panjatkan rasa puji dan sukur atas kehadiran Tuhan yang Maha Esa, karena atas berkat serta rahmatnya lah kita disini dapat berkumpul bersama sama di pagi hari yang cerah ini dalam acara memperingati adanya hari besar dunia yakni hari bank dunia, yang setiap tahunnya kita terus rayakan sebagai tanda rasa syukur atas keberadaannya yang telah banyak sekali membantu jutaan umat dan puluhan negara di dunia. Para hadirin yang saya hormati, Bank dunia merupakan salah satu lembaga keuangan raksasa terbesar di Dunia yang bermarkas di Amerika. Lembaga ini bergerak dalam bidang finansial yang terbentuk dalam rangka dapat membantu keberdayaan seluruh negara yang ada di dunia. Ironiknya, Anda saat ini pun bisa melihat banyak dari sebagain negera yang sedang mengalami ketidaknyamaan finansial.
Para hadirin sekalian, Contoh nyata yang bisa dapat di ambil oleh kita yakni adanya kondisi yang tidak mendukung yang terjadi kepada negara kita Indonesia, para hadirin sekalian tentunya masih ingat apa yang terjadi di era orde lama, kita pernah merasakan keterpurukan yang sangat mendalam sekali di mana krisi moneter melanda Indonesia, sehingga membuat nilai mata Uang Indonesia menjadi lemah, barang barang naik, tingkat suku bunga tinggi, dan gerakan ekonomi nasional semakin merosot, para insvektor kocar kacir menghilang.

Dengan, keadaan yang memperihatikan sekali seperti itu para hadirin sekalian, tentunya sangat wajar sekali pada era tahun Orde lama bisa di katakan mendapatan kecactanan, kepincangan.
Selanjutnya para hadirin sekalian, dengan melihat merasakan keadaan yang seperti itu buruknya, maka pemerintah kala itu lewat presiden membuat sebuah keputusan yang sangat penting dan mendesak yakni dengan jalan mencari bantuan lewat Bank Dunia, melalui bantuan inilah Indonesia mendapatkan suntikan sehingga ini membuatnya bisa bangkit kembali dan baiknya lagi tanah air pun menjadi lebih cerah dan modern, karena lewat finansial yang kuat banyak sekali pembangunan yang telah terjadi di negara Kita.
Maka untuk itulah sangatlah penting sekali bagi Anda Sekalian para hadirin untuk terus mensuport keberadaan dari lembaga dunia, contoh yang saya berikan hanyalah contoh kecil saja karena jika di lihat dari kenyataannya masih banyak lagi fakta-fakta menganai bank dunia, dan kontribusinya terhadap negera negara yang sedang mengalamai krisis keuangan, bencana alam, peperangan dan lain lainnya.

Maka para hadirin sekalian, jadikanlah momentum berharga ini untuk dapat kiranya terus percaya bahwa keberadaan bank dunia ini akan banyak memberikan kemanfaatan bagi seluruh umat.
Mungkin cukup sekian yang saya dapat sampaikan sebagai selaku pemberi materi pidato kali ini, ada kurang dan lebihnya maka saya mohon maf dan kepada tuhan saya mohon ampun. Dan terima kasih sekalian atas perhatiannya
Wasalam muallikum wr.wb