Selasa, 15 Januari 2019

Contoh Dakwah Tentang Sholat | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Kaum muslimin wal muslimat yang selalu dalam lindungan Allah.
Sholat merupakan salah satu ibadah yang diwajibkan yang berupa doa yang dipanjatkan dalam serangkaian ibadah yang dumulai dengan takbiratul ihram dan di akhiri dengan takhiyatul masjid dan salam. Mengingat pentingnya ibadah sholat, Nabi Muhammad pun memberikan peringatan yang sangat keras terhadap orang-orang yang suka sekali meninggalkan sholat wajib. Bahkan mereka dihukumi sebagai orang kafir dan pada hari kiamat kelak mereka akan disandingkan bersama dengan orang-orang seperti fir’aun, qorun. Ubay bin Khalaf dan Haman. Sholat sendiri dalam pelaksanaanya memiliki 2 janis sholat yaitu sholat wajib dan juga shola sunat. Sedangkan salah satu keutamaan sholat wajib diantaranya yaitu dapat menghapus dosa dan juga kesalahan.
Kaum muslimin wal muslimat yang selalu dalam lindungan Allah.
Sholat merupakan bentuk ibadah yang pertama kali akan ditanyakan ketika kita tiba di alam kubur. Sehingga tidak aneh jika kemudian sholat ini memiliki beberapa rahasia dan juga keutamaan bagi hamba yang melaksanakannya :

  1. Sholat wajib merupakan bentuk ibadah yang di syariatkan oleh Allah kepada Nabi Muhammad secara langsung tanpa melalui perantara malaikat jibril. Sedangkan bentuk ibadah yang lain biasanya selalu menggunakan perantara malaikat.
  2. Shalat wajib 5 waktu merupakan satu-satunya ibadah yang diwajibkan di langit, sedangkan ibadah yang lain hanya diwajibkan di bumi.
  3. Dengan melakukan ibadah sholat 5 waktu, maka segala bentuk dosa dan kesalahan akan di ampuni dan dihapuskan
  4. Sholat shubuh selalu dihadiri dan disaksikan oleh para malaikat.
  5. Sholat ashar merupakan satu-satunya sholat yang dikhusukan penyebutannya jika dibandingkan dengan sholat yang lain.
  6. Dengan menjaga sholat shubuh dan sholat ashar , maka kita bisa masuk syurga dan terhindar dari api neraka
  7. Jika seseorang meninggalkan sholat wajib atau salah satu dari sholat wajib karena alasan malas dan dilakukan secara terus menerus maka hal tersebut dianggap merupakan suatu kekafiran
Setelah mengetahui beberapa keutamaan dan juga rahasia dari melaksanakan sholat wajib tersebut, maka kita sebagai seorang muslim yang taat hendaknya jangan pernah sekalipun meninggalkan sholat wajib apapun alasannya. Karena pada dasarnya untuk melaksanakan sholat pun telah banyak keringanan-keringanan yang diberikan jika kita kesulitan mengerjakannnya. Seperti pada saat kita tidak bisa berdiri, maka kita bisa sholat dengan duduk, pada saat kita tidak mampu untuk duduk, maka kita bisa berbaring, bahkan jika kita tidak bisa menggerakkan badan kita, kita pun masih saja bisa mengerjakan ibadah sholat dengan hanya berkedip. Dengan kemudahan dan keringanan tersebut, pastinya tak ada satu alasan pun yang dapat menggugurkan kewajiban sholat, kecuali untuk kaum muslimah yang sedang berhalangan haid atau sedang dalam keadaan nifas setelah melahirkan.