Rabu, 09 Januari 2019

Contoh Dakwah Tentang Kebersihan | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Syukur kepada Allah , serta sholawat untuk junjungan nabi besar Muhammad SAW dan doa untuk seluruh umat muslim yang ada di dunia agar selalu dalam limpahan rohmat Allah SWT tentu harus senantiasa kita haturkan.
Kaum muslimin yang selalu dalam lindungan dan limpahan rohmat Allah SWT
Bagi umat Islam masalah kebersihan merupakan salah satu masalah yang sangat urgen . Kebersihan merupakan hal mutlak yang harus dipenuhi sebagai salah satu syarat dapat melakukan berbagai kegiatan ibadah. Dalam sebuah hadist juga telah dikatakan bahwa “ kebersihan merupakan salah satu bagian dari Iman “.
Bagi umat Islam kebersihan merupakan salah satu landasan pokok keimanan. Kebersiha dalam pembahasan yang luas bukan hanya sekedar wujud dari lingkungan yang terhindar dari sampah atau bermacam kotoran yang lain. Seorang Imam besar bahkan membagi kebersihan diri pribadi orang Islam itu terdiri dari empat tingkatan yaitu kebersihan jasmani dari segala bentuk kotoran baik itu berupa hadas ataupun juga najis. Tingkatan yang kedua adalah kebersihan panca indera dari segala bentuk pelanggaran dan juga dosa. Tingkatan yang ketiga adalah kebersihan hati atau qolbu dari segala bentuk akhlak yang tercela dan kebersihan yang terakhir adalah kebersihan rahasia batin atau sir dari selain Allah.

Namun selain kebersihan diri pribadi tersebut yang juga tak kalah penting, kita sebagai orang yang beriman adalah kebersihan lingkungan tempat manusia itu sendiri hidup. Kebersihan tersebut meliputi kebersihan air, kebersihan udara dan juga kebersihan alam sekitar. Sebagai seorang muslim tentunya kita paham betul bagaimana ajaran agama kita untuk selalu menjaga dan juga melindungi bumi ini. Bahkan dalam Hadist juga telah disebutkan bahwa hendaknya kita selalu mejga leingkungan dan tidak diperbolehkan untuk merusak alam.
Sebuah hadist yang menunjukkan bahwa agama kita begitu memperhatikan kebersihan lingkungan yaitu sebuah hadist yang diriwayatkan oleh Bukhori dan juga Abu Daud. Dalam hasit tersebut mengisahkan, bahwa Rosulullah menyuruh kita untuk takut dengan dua hal yang dapat mendatangkan laknat yaitu orang yang buang hajat ditempat manusia berteduh.

Kaum Muslimin yang selalu senantiasa di rahmati Allah.
Kebersihan merupakan hal yang fitrah bagi seluruh umat manusia. Seluruh umat manusia yang memiliki akal yang sehat tentu membutuhkan lingkungan yang bersih. Bahkan seandainya manusia itu tidak mengetahui ajaran agama sekalipun maka ia juga senantiasa bersih. Bagi umat Islam kebersihan merupakan satu hal yang harus dipenuhi dan merupakan salah satu point penting untuk menjadi seorang hamba yang beriman secara utuh.
Melihat betapa pentingnya masalah kebersihan tersebut, maka mulai detik ini marilah kita selalu mengupayakan untuk selalu hidup bersih. Baik bersih untuk diri sendiri dalam arti yang lebih luas, serta senantiasa mengupayakan kebersihan untuk lingkungan di sekitar.
Demikian dakwah tentang kebersihan yang dapat kami sampaikan.
Billahi atufik wal hidayah.
Wassalamuailaikum warohmatullahi wabarokatuh