Senin, 21 Januari 2019

Contoh Dakwah Tentang Amanah | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Bagi seorang muslim atau muslimah, perilaku amanah merupakan salah satu ciri seseorang memiliki karakter mahmudah. Sehingga tidak mengherankan jika amanah sendiri memiliki nilai yang sangat besar di dalam agama islam sehingga untuk amanah sendiri ada perintah untuk mewujudkannya dan memperhatikannya. Dan berikut ini adalah salah satu contoh dakwah tentang amanah.Dalam sebuah ayat al quran, Allah berfirman :
"Sesungguhnya Allah menyuruh kamu menyampaikan amanat kepada yang berhak menerimanya, dan (menyuruh kamu) apabila menetapkan hukum di antara manusia supaya kamu menetapkan dengan adil. Sesungguhnya Allah memberi pengajaran yang sebaik-baiknya kepadamu. Sesungguhnya Allah adalah Maha mendengar lagi Maha melihat"

Dalam sebuah hadist Rosul juga telah dijelaskan tentang pentingnya amanat yaitu :
أد الأمانة إلى من ائتمنك ولا تخن من خانك

“Tunaikanlah amanah itu kepada orang yang mempercayakannya kepadamu. Dan janganlah kamu menghianati orang yang mengkhianatimu”

Melihat firman Allah dan juga hadist tersebut diatas telah jelas terbukti bagaimana pentingnya amanat. Sebagian besar orang menganggap bahwa amanat mengandung makna bahwa amanat hanyalah sekedar menjaga titipan saja. Padahal sebenarnya, amanat memiliki makna yang jauh lebih luas dari itu. Bahkan dalam QS al Ahzab ayat 72 yang dimaksud dengan amanat adalah seluruh perintah agama.
Amanah sebenarnya merupakan salah satu sifat mulia yang wajib dimiliki oleh setiap muslim yang beriman. Terlebih lagi jika ia adalah seorang pemimpin, orang kaya atau ulama. Maka sifat amanah ini haruslah sudah mendarah daging. Amanah lazimnya adalah sebuah bentuk karakter kejujuran dalam menjalankan sebuah tugas, sebuah pekerjaan atau juga sebuah kedudukan yang telah diperoleh atau diberikan. Namun ada juga bentuk makna amanah yang lain tergantung dari sudut pandang mana kita menilainya. Namun terlepas dari semua makna yang ada yang pasti amanah merupakan suatu bentuk keimanan dan ketaqwaan seseorang. Karena memang jika amanah telah hilang dari muka bumi ini maka yang ada nantinya adalah kehancuran. Hal ini sesuai dengan sebuah hadist yang di riwayatkan oleh Imam Bukhori :
"Dari Abu Hurairah radhiyallahu 'anhu berkata: Bersabda Rasul Shallallahu 'alaihi wasallam: Bila amanah sudah diabaikan, maka tunggulah kehancuran. Dia berkata: Bagaimana mengabaikan amanah itu wahai baginda Rasulillah? Beliau menjawab: Bila diberikan suatu urusan/tugas/pekerjaan kepada yang bukan ahlinya, maka tunggulah kehancuran"

Saat amanah hilang dari perilaku seseorang maka yang ada adalah munculnya sebuah perilaku yang berlawanan dari amanah tu sendiri yaitu khianat. Sehingga tak heran jika kemudian muncullah praktek Korupsi, Kolusi dan juga Nepotisme, munculnya kecurangan, budaya suap menyuap dan berbagai jenis kejahatan lainnya. Sehingga ini merupakan salah satu tantangan yang harus dihadapi oleh umat Islam.
Meski bisa dibilang keadaan dunia sekarang ini sudah semrawut namun bukan berarti hal tersebut menjadikan kejahatan dan kecurangan menjadi hal yang biasa . kita malah harus berusaha sekuat tenaga untuk terus menyuarakan arti penting amanah, dan terus menanamkan perilaku amanah ini kepada setiap orang. Tak ada perlu yang ditakutkan dan perlu dikhawatirkan, karena selama kita terus berpegang teguh pada agama Allah, maka janji Allah itu pasti.