Minggu, 13 Januari 2019

Contoh Dakwah Nabi Muhammad Di Madinah | Kumpulan Teks Pidato

Pidato adalah sebuah kegiatan berbicara di depan umum atau berorasi untuk menyatakan pendapatnya, atau memberikan gambaran tentang suatu hal. Pidato biasanya dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi-orasi dan pernyataan tentang suatu hal/peristiwa yang penting dan patut diperbincangkan. Pidato merupakan salah satu teori dari pelajaran bahasa indonesia.Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin untuk memimpin dan berorasi di depan banyak anak buahnya atau khalayak ramai.
Fungsi pidato
  • Mempermudah komunikasi antar atasan dan bawahan.
  • Mempermudah komunikasi antar sesama anggota organisasi.
  • Menciptakan suatu keadaan yang kondusif di mana hanya perlu 1 orang saja yang melakukan orasi/pidato tersebut.
  • mempermudah komunikasi.

Pidato yang baik dapat memberikan suatu kesan positif bagi orang-orang yang mendengar pidato tersebut. Kemampuan berpidato atau berbicara yang baik di depan umum dapat membantu untuk mencapai jenjang karier yang baik. Contoh pidato yaitu seperti pidato kenegaraan, pidato menyambut hari besar, pidato pembangkit semangat, pidato sambutan acara atau event, dan lain sebagainya. Dalam berpidato, penampilan, gaya bahasa, dan ekspresi kita hendaknya diperhatikan serta kita harus percaya diri menyampaikan isi dari pidato kita, agar orang yang melihat pidato kita pun tertarik dan terpengaruh oleh pidato yang kita sampaikan.

Praktik pidato
  • Biasanya dipraktikkan oleh pemimpin organisasi kepada anak buah organisasinya
  • Dipraktikkan oleh pemimpin atau pejabat negara guna mempermudah adanya komunikasi sehingga terciptanya keadaan yang demokratis
  • Dipraktikkan untuk menenangkan massa / khalayak ramai
  • Biasanya seorang pemimpin atau orang yang berpengaruh diwajibkan untuk menguasai teori pidato

Contoh pidato
 
  • Pidato kenegaraan
  • Pidato wisuda
  • Pidato kepemimpinan
  • Pidato keagamaan
  • Orasi
  • pidato singkat
Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan contoh pidato agama,contoh pidato tentang disiplin,contoh pidato tentang lingkungan, contoh pidato narkoba, contoh pidato yang menarik dan tidak membosankan, contoh pidato yang menarik perhatian, contoh pidato perpisahan, contoh pidato persuasif ,Contoh Pidato Bahasa Inggris , Contoh Pidato Bahasa Jawa , Contoh Pidato Bahasa Arab, Kumpulan Pidato , Koleksi Pidato Terbaru Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

  

 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Nabi Muhammad berdakwah di Madinah dalam kurun waktu 10 tahun yaitu dari tanggal 12 Rabiul Awal tahun pertama hijriah sampai dengan wafatnya Rosulullah yaitu tanggal 12 Rabiul Awal 11 Hijriah. Dalam kurun waktu 10 tahun tersebut tentu banyak sekali Contoh Dakwah Nabi Muhammad di Madinah yang dapat kita jadikan tauladan untuk diterapkan pada masa sekarang ini.
Pada masa dakwah periode Madinah, aktifitas dakwah yang dilalui oleh Nabi Muhammad bisa dibilang lebih mudah jika dibandingkan dengan masa periode Makkah. Sasaran dakwah untuk periode ini adalah orang Islam yang masih awam terhadap agama islam, dan juga orang kafir yang belum masuk Islam.

Beberapa metode dakwah yang patut kita perhatikan adalah peperangan - peperangan yang terjadi. Namun yang perlu dicatat adalah tujuan dari adanya peperangan yang ada. Semua peperangan yang terjadi tersebut bukanlah untuk melakukan penjajahan atau untuk memperoleh harta rampasan. Akan tetapi lebih kepada suatu reaksi untuk membeli diri dan juga kehormatan umat Islam, untuk menjamin kelancaran dakwah dan memberi kesempatan kepada mereka yang hendak menganutnya dan juga untuk memelihara umat Islam agar tidak dihancurkan oleh tentara Romawi dan juga persia.
Contoh Dakwah Nabi Muhammad di Madinah yang lain yang patut kita cermati adalah ketika terjadi peristiwa mempersaudarakan antara kaum Muhajirin dengan kaum Anshor. Pada saat itu Rosulullah bermusyawarah dengan Abu bakar dan juga Umar Bin Khatab untuk mempersatukan antara muhajirin dengan anshor. Dan pada saat itu, meskipun nabi Muhammad adalah tokoh yang agung, namun beliau tetap memberikan contoh dan bertindak. Tidak hanya sekedar memberikan pendapatnya saja. Beliau tidak merasa malu ataupun juga merasa diremehkan. Namun akibat dengan tindakannya itulah maka kemudian yang membuatnya semakin agung.
Inti hikmah yang dapat kita ambil dari Contoh Dakwah Nabi Muhammad di Madinah yaitu dengan berperilaku sopan dan santun kepada segala kalangan masyarakat, membangun tempat ibadah, dengan semakin mempererat tali persaudaraan sesama Muslim dan juga memberikan kebebasan beragama untuk semua umat baik itu yang muslim maupun yang non muslim.

Dengan melihat perjuangan dakwah nabi Muhammad SAW pada masa periode madinah, maka kita sebagai umat Islam tentu akan mengambil ibrahnya. Bahwa dakwah tanpa peperangan merupakan suatu langkah dakwah yang jitu. Ini juga menunjukkan kepada kita bahwa ada dasarnya Islam itu adalah agama yang cinta damai dan tidak anarkis. Umat Islam akan berperang atau melawan dengan kekerasan hanya untuk membela diri. Bahkan, dalam sejarah dakwah Rosulullah SAW, tak pernah sekalipun Nabi Muhammad SAW memulai perang terlebih dahulu hanya untuk menyebarkan agama Islam. Metode dakwah yang selalu beliau tunjukkan adalah metode dakwah dengan kasih sayang dan juga cinta damai.