Rabu, 30 Januari 2019

Contoh Ceramah Singkat Tentang Signal Kematian

Contoh Ceramah Singkat – Ceramah atau pidato keagamaan adalah ceramah yang dilakukan oleh ahli agama atau biasa disebut ustad yang notabennya mempunyai ilmu agama lebih dan dibagikan kepada orang lain dengan tujuan agar banyak yang paham dan mengerti ilmu agama tersebut.

Nasihat menasihati merupakan kewajiban bagi setiap muslim atas muslim yang lainnya. Seorang muslim wajib mengingatkan saudaranya agar mengerjakan kebaikan dan menjauhi segala macam bentuk kemaksiatan.Salah satu bentuk nasihat menasihati antara sesama muslim ialah dengan menyampaikan kultum singakat atau ceramah singkat untuk mengajak kepada kebaikan dan melarang dari perbuatan yang tercela.


Berikut ini adalah contoh ceramah singkat. Mulai dari contoh ceramah pendidikan, contoh ceramah singkat sabar, contoh ceramah tentang ibu, contoh ceramah pergaulan bebas, contoh ceramah menuntut ilmu, contoh ceramah singkat tentang narkoba, contoh ceramah kebersihan, contoh ceramah  kesehatan, contoh ceramah media sosial, contoh ceramah, contoh ceramah tentang aurat, contoh ceramah tentang berbakti kepada orang tua, kumpulan teks ceramah, ,ceramah singkat tentang sedekah, teks ceramah agama, ceramah singkat tentang ilmu, ceramah tentang pendidikan, contoh ceramah umum, contoh teks ceramah umum  , dll.


Ceramah Yang Sering Di Cari:



Contoh Ceramahnya



Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Yang saya hormati teman-teman dan hadirin semua
 Marilah kita bersama – sama panjatkan puja, puji, dan syukur ke hadirat Allah SWT, Tuhan Semesta Alam karena atas berkah, rahmat dan hidayahnya kita semua dapat berkumpul di tepat yang Insya Allah mulia ini Shalawat dan salam semoga tercurah limpahkan ke pada junjungan kita – manusia terbaik sepanjang zaman yakni besar Nabi Muhammad SAW beserta seluruh keluarga dan sahabatnya. Semoga kita semua kelak mendapatkan syafaatnya. Aamiin.

Hadirin Rahimakumullah
Didalam suatu kisah, disebutkan bahwa Nabi Ya’kub bersahabat dengan malaikat maut. Suatu ketika malaikat maut datang mengunjunginya. Ya’kub pun bertanya kepadanya,’’ hai malaikat maut, engkau datang sekedar mengunjungiku atau henda mencabut nyawaku? Malaikat maut pun menjawab,’’aku hanya datang berkunjung.
Lalu Ya’kub berkata lagi,’’aku mohon engkau mau memenuhi satu permintaanku.’’ ‘’Apakah permintaanmu wahai Nabi Allah? ‘’Bila ajalku telah mendekattolong engkau beri tahukan kepadaku sebelumnya.’’ Kata malaikat maut,’’ Baiklah, nanti akan ku kirimkan kepadamu dua atau tiga orang utusan Ketika Ya’kub sampai ajalnya, datanglah malaikat maut kepadanya. Dan sebagaimana biasanya, Ya’Kub pun bertanya apakah kamu hanya berkunjung atau hendak mencabut nyawaku?. Kali ini au datang diperintah Allah untuk mencabut nyawamu !
Dengan keheranan Ya’kub berkata,’’Bukankah engkau berjanji akan padaku akan mengirimkan dua atau tiga utusan? Benar! Dan hal itu telah aku lakukan. Keputihan rambutmu setelah hitam sebelumnya; kelemahan tubuhmu setelah kuat sebelumnya; dan kebongkokan tubuhmu seteah tegak sebelumnya. Tidakkah engkau sadar bahwa itu semua adalah utusanku pada anak Adam sebelum ia mati?

Dari kisah ini rupanya kita akan tahu bahwa kita sebagai manusia sering kali lupa terhadap setiap signal kematian yang diberikan oleh malaikat maut. Uban yang muncul di kepala, tubuh yang tak sekuat waktu muda, atau bahan kematian saudara-saudara kita adalah mungkin ‘utusan’ yang memberikan signal bahwa kehidupan kita di dunia tidak lama lagi.
Rasululullah Saw. Pernah bersabda,’’manusia yang paling cerdik adalah yang terbanyak mengingat kematian, serta yang terbanyak persiapannya untuk menghadapi kematian itu. Mereka itulah yang benar-benar cerdik, dan mereka akan pergi ke alam baka dengan membawa kemuliaan dunia serta kemuliaan akhirat. (HR Tirmidzi, Ibnu Majah, dan Hakim).

Hadirin yang dirahmati Allah
Demikianlah yang dapat saya sampaikan pada kesempatan kali ini, mmudah-mudahan ceramah ini dapat mengingatkan kita betapa pentingnya untu mengingat-ingat kematian. Seorang sufi yang hidup pada abad kesepuluh yaitu Abu Hamzah Al-Khurasani mengatakan,’’Barang siapa telah merasakan ingat kematian maka Allah akan menjadikan ia senang mencari pahala dan benci terhadap dosa.
 Sedangkan Rasululullah Saw. Pernah ditanya oleh sabatnya,’’ Ya Rasulullah apa ada orang yang dikumpulkan bersama syuhada di akhirat nanti? Maa Nabi menjawab,’’ Ya ada. Yaitu orang yang selalu mengingat mati dua puluh kali dalam sehari.
Akhir kata demikianlah yang dapat saya sampaikan, semoga bermanfaat. Mohon maaf terhadap setiap kekurangan dan kesalahan ketika ceramah ini berlangsung.
Billahi Taufik Walhidayah Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh