Selasa, 18 Desember 2018

Contoh Pidato Tentang Pemanasan Global Terbaik | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamu’alaikum Warrahmatullahi Wabarokatuh
Yang terhormat, bapak/ibu juri lomba pidato tingkat SMA
Yang saya hormati, bapak/ibu tamu undangan
Serta teman teman yang berbahagia
Tidakkah hadirin sekalian menyadari, bahwa bumi tempat kita tinggal ini semakin panas? Banyak teman-teman yang mengeluh panas setiap hari di status facebook, twitter, ataupun BBM. Tidakkah hadirin sekalian bertanya mengapa suhu bumi ini semakin lama semakin menigkat? Tidak seperti dulu yang sejuk dan nyaman? Nah, itulah dampak dari pemanasan global.
Seperti yang kita ketahui, dampak dari pemanasan global ini telah dirasakan oleh seluruh dunia, mulai dari dampak yang kecil sampai yang besar. Pemanasan global ini memang sangat mengerikan jika kita membayangkan apa jadinya bumi tempat kita tinggal ini pada puluhan tahun kedepan. Saat ini saja, telah banyak kerusakan alam yang kita jumpai. Yang paling menonjol adalah mencairnya lapisan es di kutub yang menyebabkan menigkatnya volume air di lautan. Coba kita bayangkan, jika semua lapisa es yang ada di kutub mencair, pasti air laut akan menutupi semua daratan dan kita akan tenggelam di dalamnya.

Hadirin sekalian yang saya hormati. Tsunami merupakan salah satu dari dampak buruk pemanasan global. Ketika volume air yang ada di laut semakin banyak, maka akan semakin besar pula tenaga air yang dihasilkan saat terjadi pergeseran lempeng bumi di laut. Suhu panas yang semakin meningkat dan adanya hujan asam yang terjadi juga merupakan dampak dari pemanasan global di bumi. Hujan asam ini juga sangat merugikan kita, karena mereka bersifat asam dan mengandung belerang.
Hadirin sekalian yang berbahagia, taukah anda sekalian jika pemanasan global yang kita alami saat ini merupakaan dampak dari kegiatan kita sehari-hari yang sering kali tidak kita sadari. Salah satunya adalah menebang pohon untuk kepentingan membangun rumah atau membuat perabot rumah tangga tanpa adanya penanaman ulang.seperti yang kita ketahui, pohon adalah penjaga keseimbangan alam. Jika jumlah pohon semakin menipis, akan banyak sekali dampak negatif yang kita terima, termasuk banjir sebagai salah satu dampak pemanasan global. Padahal, kita bisa menghindarinya dengan menggunakan bahan lain dalam membangun rumah, seperti bahan dari baja ringan atau aluminium.
Selain itu, penggunaan CFC yang terlalu banyak juga sangat berpengaruh pada pemanasan global. CFC adalah Cloro Flour Carbon, yang merupakan bahan kimia yang biasanya digunakan untuk alat-alat rumah tangga seperti kulkas dan AC. Di samping itu, polusi dari kendaraan bermotor juga sangat berpengaruh. Seperti yang kita ketahui, jumalh kendaraan bermotor yang ada sudah melampaui batas. Jalan-jalan yang ada sampai tidak bisa lagi menampung jumlah kendaraan yang melewatinya, sehingga banyak terjadi kemacetan di mana-mana. Padahal, gas CO2 sebagai gas buang kendaraan bermotor menpunyai pengaruh yang sangat besar bagi pemanasan global. Semakin banyak jumlah kendaraan bermotor yang ada, berarti semakin besar pula kemungkinan peningkatan pemanasan global yang akan terjadi.

Hadirin sekalian yang saya hormati, tanpa kita sadari, kemajuan teknologi industry juga merugikan kita. Menjamurnya pabrik-pabrik berbahan bakar fossil seperti minyak bumi dan batu bara semakin memperburuk keadaan bumi ini. Hasil pembakaran yang dirasa ekomonomis itu adalah hal terbesar yang mempengaruhi dampak pemanasan global. Untuk itu, sebaiknya kita lebih bijak dalam memanfaatkan sumber daya alam.
Hadirin sekalian yang berbahagia. Hanya ini yang bisa saya sampaikan. Semoga kita bisa membantu mengurangi dampak pemanasan global dari hal-hal kecil disekitar kita. Terimakasih.
Akhir kata, wabilahi taufik walhidayah
Wassalamu’alakum Warrahmatullahi Wabarakatuh


Backlink: