Minggu, 23 Desember 2018

Contoh Pidato Tentang Larangan Bermain Petasan Terbaik | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.

Contoh Pidato

   
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama – tama marlah kita semua senantiasa selalu bersyukur atas kehadirat Allah SWT yang mana berkat rahman dan juga hidayah yang dberikannya kepada kita, sehingga kita mampu berkumpul ditempat yang kita cintai ini.
Kemduain tidak bosan – bosanya dansemoga tidakpernah bosannya shaawat berangkaikan salam kita hadiahkan kepada roh junjungan alam yakni nabi nesar kita nabi Muhammad SAW. Semoga dengan memperbanyak shalawat maka kita akan mendapatkan safaatnya diyumul akhir kelak. Aamiin aamiin yarobbal alamin
Yang saya hormati Bapak kepala sekolah beserta wakil, yang saya hormati bapak / ibu guru pembimbing, dan yang saya sayangi teman – teman seperjuangan mulai dari kelas 10 sampai dengan kelas 12.
Sebalum saya memulai memasuki materi pidato singkat saya, saya ingin mengucapkan terima kasih atas kesempatan yang telah bapak berikan kepada saya untuk menyampaikan bebrapa masukan ataupun sosialisasi di sekolah ini.
Baiklah tanpa memperoanjang mokodimah, langsung saja saya masuki judul pidato saya yaitu larangan bermain petasan.

Bapak / ibu guru serta teman - teman yang saya cintai, Petasan merupakan perminan yang paling digemari anak – anak masa kini, selain mengeluarkan suara yang keras, petasan juga selalu menyajikan aneka warna yang berpariasi. Namun selain keindahan yang disajikan oleh petasan, ternyata petasan juga menyajikan suatu ancaman yang cukup berbahya, tak jarang gara – gara petasan jutaan bahkan miliyaran kerugian dideriata oleh seseorang, misalnya saja pengusaha yang toko, ruko ataupun perusahaannnya yang habis terbakar yang karena disebabkan oleh petasan ini.
Selain itu petasan juga tak jarang menyebabkan korban jiwa, mulai dari luka ringa, seirus sampai yang meninggal. seperti yang sering kita saksikan di media – media baik itu media cetak maupun media elektronik. Media cetak berupa koran, majalah dan lain - lain. Sedangkanmedia elektronik berupa tv, radio, hp, internet dan lain – lain.

Utuk itu saya ingin mengingatkan kita semua untuk bisa memperingati orang lain agar dalam menggunakan harus petasan dengan benar – benar dan juga hati – hati dan digunakan ditempat yang benar – benar aman dan juga mendukug seperti misalnya lapangan, dan lahan kosong lainnya. Untuk hal ini terutama kita tujukan kepada para anak – anak yang biasanya membutuhkan perhatian yang lebih. Karena anak – anak biasanya masih sangat minim dalam memikirkan dampak yang disebabkan oleh apa yang sedang ataupun akan ia lakukan. Dalam hal ini lebih diutamakan kepada orang tua, karena orang tua memiliki peran yang sangat penting, karena biasanya semua kegiatan anak – anak dapat di kontrol dari rumah.

Mungkin demikianlah pidato singkat saya tentang mengontrol bermain petasan yang dapat saya sampaikan, apa bila ada kekurangan dan salah dalam penyampaian sehingga menyinggung hari bapak / ibu serta teman – teman sekalian saya mohon dimaafkan. Terima kasih atas perhatiannya, saya akhiri Wassalamu’alaikum Wr Wb.