Selasa, 25 Desember 2018

Contoh Pidato Tentang Bahaya Narkoba | Pidato Terbaru

Pengertian Pidato

Contoh Pidato Terbaru - Pidato merupakan suatu kegiatan berbicara di depan khalayak ramai atau berorasi dalam menyatakan pendapatnya, atau memberikan suatu gambaran mengenai suatu hal. Biasanya pidato dibawakan oleh seorang yang memberikan orasi serta pernyataan tentang hal-hal atau peristiwa penting dan juga patut untuk diperbincangkan. Pidato biasanya digunakan oleh seorang pemimpin guna memimpin dan berorasi di depan khalayak ramai atau anak buahnya.

Pidato merupakan suatu ucapan yang memiliki susunan yang baik guna disampaikan kepada orang banyak. Contoh pidato penting seperti pidato kenegaraan, pidato dalam menyambut hari besar, pidato untuk membangkitkan semangat, dan lain sebagainya.

Pidato yang baik adalah suatu pidato dapat memberikan kesan positif bagi orang-orang banyak yang mendengarkan pidato yang disampaikan tersebut. Kemampuan dalam berpidato atau berbicara di depan publik dapat membantu dalam meraih jenjang karir yang baik.
Berpidato merupakan salah satu wujud dalam kegiatan berbahasa lisan. Oleh karena itu itu, berpidato mementingkan ekspresi gagasan serta penalaran dengan memakai bahasa lisan yang didukung aspek nonbahasa, seperti ekspresi wajah, pelafalan, kontak pandang, dan intonasi suara. Pidato yang baik memerlukan beberapa kriteria. Berikut kriteria dalam berpidato. ( Kumpulan Contoh Pidato )

Kriteria Berpidato
  • Isi pidato yang akan disampaikan memiliki kesesuaian dengan kegiatan atau acara yang berlangsung.
  • Isinya bersifat menggugah serta dapat bermanfaat bagi para pendengar pidato tersebut.
  • Isi pidatonya tidak menimbulkan pertentangan.
  • Isinya benar, objektif, dan jelas.
  • Bahasa yang dipakai dapat dengan mudah dipahami pendengar.
  • Bahasanya disampaikan dengan santun, bersahabat, dan rendah hati.
Pada kesempatan yang berbahagia ini, kami akan menyampaikan beberapa materi khusus yang berhubungan dengan pidato; tidak lupa pula kami juga akan memberikan berbagai macam contoh teks naskah pidato sehingga keduanya (baik teori dan praktek) pidato kita bisa semakin baik lagi.

Memang harus kita akui, kemampuan berpidato sangatlah tidak mudah dipelajari, kita butuh berbagai teori yang memadai, tidak hanya itu, kita juga dituntut untuk latihan secara konsisten sehingga nanti kita bisa menyampaikan pidato dengan lebih baik lagi. Oleh karena itu, kami sengaja mengumpulkannya dengan harapan para sahabat bisa lebih mudah dan praktis dalam mempelajari teori dan contoh pidato.Banyak sekali contoh Pidato dari pidato bahasa inggris , pidato tentang narkoba,pidato bahasa indonesia,pidato kemerdekaan, pidato tentang kebersihan, pidato jokowi, pidato perpisahan, pidato Tentang Guru,pidato agama islam,pidato globalisasi dan Lainnya.
 
 

Contoh Pidato

    
 
Assalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh
Pertama – tama marilah kita panjatkan puja puji syukur kita kehadirat Allah SWT yang masih memberikan rahmat dan juga hidayahnya sehingga kita msaih bisa berkumpul ditempat yang sederhana ini.

Selanjutnya shalawat berangkaikan salam kita hadiahkan kepada roh junjungan alam yakni nabi besar kia Muhmmad SAW. Semoga kita mendapatkan safaatnya diyaumul akhir nanti.aamiin aamiin ya robbal alamin..

Yang saya hormati bapak kepala sekolah
selanjutnya yang saya hormati Bapak/Ibu Guru beserta staf dab Tata Usaha
Dan yang saya sayangi teman-teman seperjuangan

sebelumnya saya ingin mengucapkan terima kasih aas kesempatan yang telah diberikan saya untuk menympaikan pidato singkat pada hari ini.

Baiklah judul pidato saya yaitu Bahaya Narkoba.
Di Indonesia jumlah para pengguna narkoba begitu besar, mungkin itu disebabkan karena lemahnya sistem penegakan hukum yang ada di Indonesia , sehingga para pengedar dari internasional bisa bekerja sama dengan beberapa warga negara Indonesia dan bisa memperoleh keuntungan yang sagat besar. Penyalah gunaan Narkotika dan juga zat aditif lainnya itu pastinya akan membawa sebuah dampak yang luas dan kompleks. Sebagai contoh dampaknya antara lain perubahan sikap atau perilaku, menurunnya produktivitas kerja secara drastis, gangguan kesehatan, kriminalitas dan tindak kekerasan lainnya.

salas satu langkah yang dilakukan untuk mencegah penyalah gunaan nrkoba ialah dengan melalui program - program diantaranya adalah dengan cara mengikuti kegiatan - kegiatan sosial, tidak bergaul dengan para pengguna ataupun para pengedar narkoba, tidak mudah dipengaruhi atas ajakan atau rayuan untuk menyalahgunakan narkoba. Pengguna narkoba ini biasanya lebih didominasi oleh para anak remaja dan juga anak sekolah.

Sekolah juga harus memberikan penyuluhan kepada para siswa tentang agaimna bahaya dan juga akibat dari penyalahgunaan narkoba, salah satunya melalui Guru BP, dengan cara melakukan diskusi yang melibatkan para siswa dalam perencanaan sebuah intervensi dan juga pencegahan penyalahgunaan narkoba di lingkungan sekolah. Program lainnya yang dapat dibilang cukup penting adalah program waspada Narkotika dengan cara mengenali ciri - ciri siswa yang mungkin menggunakan narkoba, mewaspadai adanya tamu - tamu yang tidak dikenal atau pengedar, melakukan razia dadakan dll

Biasanya, para pengedar maupun pemakai narkoba di sekolah telah paham betul bgaimana program - program disekolah untuk pencegahan pengguna atau pemakai disekolah, mereka tentu saja sudah mengantisipasinya dengan sebaik yang mereka bisa. Namun sepintar apapun kiat mereka, ibarat sepandai - pandai tupai melompat, akhirnya pasti akan jatuh juga. Jurus - jurus jitu yang mereka lakukan untuk menghindari deteksi sekolah memang sudah sangat mereka kuasai, akan tapi dengan mengingat sifat narkoba yang adiktif dan menutut dosis yang lebih tinggi maka disiplin cara aman akan terkuak juga

Untuk itu marilah kita bersama – sama menghindari dan jauhi serta ikut serta dalam memberantas penggunaan narkoba. 

Demikianlah pidato singkat yang dapat saya sampaikan apabila ada kesalahan dalam penyampaian dan bertutur kata, saya mohon maaf. Atas perhatiannya saya ucapkan terima kasih dan saya akhiri.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb..
 
|